Benarkah Ucapan “Minal ‘Aidin Wal Faizin” Salah Saat Lebaran Idul Fitri?

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Setiap lebaran Idul Fitri akan muncul banyak pesan berantai (BC) di BBM. Bahkan bc tersebut melarang ucapan  Minal ‘Aidin Wal Faizin karena artinya “Kita kembali&meraih kemenangan.”

Menurut BC itu, kembali pada kata itu menunjukkan pada kemaksiatan. Dan menang melawan bulan Ramadhan sehingga kita bisa kembali berbuat keburukan.

Bacaan Lainnya

Pesan ini tentu ditentang sebagian orang. Minal ‘Aidin wal Faizin dalam bahasa Indonesia berarti ‘Semoga kita termasuk orang yang kembali dan menuai kemenangan’. Makna popular kalimat tersebut adalah ‘Ja’alanallahu wa iyyakum MINAL ‘AIDIN ilal fithrah WAL FAIZIN bil jannah’ (Semoga Allah menjadikan kita semua sebagai orang yang kembali pada fitrah dan menuai kemenangan dengan meraih surga).

Jadi yakinlah bahwa kembali pada kalimat Minal ‘Aidin Wal Faizin maknanya bukan kembali ke perbuatan maksiat dan menang telah menaklukkan Ramadhan. Meski demikian sudah benar bahwa kalimat paling tepat adalah ‘Taqabbalallahu Minna wa Minkum’ yang artinya Semoga Allah menerima amalku & amal kalian.

Isi pesan atau bc BBM itu adalah:
“Sehubungan dengan akan datangnya Idul Fitri, sering kita dengar tersebar ucapan: “MOHON MAAF LAHIR&BATHIN”.

Seolah-olah saat Idul Fithri hanya khusus untuk minta maaf.
Sungguh sebuah kekeliruan, karena Idhul Fithri bukanlah waktu khusus untuk saling maaf memaafkan. Memaafkan bisa kapan saja tidak terpaku di hari Idul Fitri.

Demikian Rasulullah mengajarkan kita. Tidak ada satu ayat Qur’an ataupun suatu Hadits yang menunjukan keharusan mengucapkan “Mohon Maaf Lahir&Batin ”di saat-saat Idul Fitri.

Satu lagi, saat Idul Fithri, yakni mengucapan : “MINAL’AIDIN WAL FAIZIN”. Arti dari ucapan tersebut adalah: “Kita kembali&meraih kemenangan.”

KITA MAU KEMBALI KEMANA? Apa pada ketaatan atau kemaksiatan? Meraih kemenangan? Kemenangan apa? Apakah kita menang melawan bulan Ramadhan sehingga kita bisa kembali berbuat keburukan?

Satu hal lagi yang mesti dipahami, setiap kali ada yg ucapkan “Minal‘Aidin wal Faizin” Lantas diikuti dengan kalimat “Mohon Maaf Lahir&Batin ”.

Karena mungkin kita mengira artinya adalah kalimat selanjutnya. Ini sungguh KELIRU luar biasa.

Coba saja sampaikan kalimat itu pada saudara-saudara seiman kita di Pakistan, Turki, Saudi Arabia atau negara-negara lain.. PASTI PADA BINGUNG!

Sebagaimana diterangkan di atas, dari sisi makna kalimat ini keliru sehingga sudah sepantasnya kita HINDARI.

Ucapan yg lebih baik & dicontohkan langsung oleh para sahabat ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ , yaitu :

“TAQOBBALALLAHU MINNA WA MINKUM” (Semoga Allah menerima amalku & amal kalian). Jadi lebih baik, ucapan/SMS/BBM kita: Taqobbalallahu minna wa minkum.

BACA JUGA:   Kapan Lebaran Tren di Twitter dan FB

Pos terkait