Cara membuat Opor Ayam (Nasu Poppo) Khas Masyarakat Bugis

oleh -

MAKASSAR, BB – Menyajikan berbagai menu makanan saat menyambut hari raya Idul Fitri merupakan tradisi sebagian besar muslim Indonesia. Dari kue kering hingga kue basah, sampai aneka masakan berbahan dasar ayam dan daging tersedia.

Khususnya masyarakat Bugis Makassar biasanya menyajikan opor ayam (nasu poppo) sebagai makanan utama. Bukan cuma masyarakat bugis saja, masyarakat di daerah lain juga banyak yang menyajikan opor ayam. Cara membuat opor ayam setiap daerah beda bahan dan cara memasaknya. Berikut Beritabulukumba.com menyajikan menu opor ayam (nasu poppo) khas masyarakat Bugis.

Bahan yang perlu disediakan
Ayam 1 ekor
Santan kelapa dari 1 biji kelapa
Lengkuas
Serai 5 batang
Kemiri
Cabe kriting 5 buah
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 4 siung
Merica secukupnya
Ketumbar secukupnya
Daun salam
Daun jeruk
Kayu manis
Kunyit
air asam jawa

Loading...

Cara membuat;
Potong ayam sesuai selera kemudian cuci bersih. Haluskan bumbu (lengkuas, sera, kemiri, bawang merah. bawang putih, kemiri, cabe kriting, merica dan ketumbar). Masak santan di dalam wajan hingga mendidih. Masukkan ayam kedalam santan aduk-aduk hingga rata. Masak ayam sampai santannya agak mengering. Tumis bumbu yang dihaluskan tadi dan beri daun jeruk kemudian campurkan dengan ayam. Setelah itu beri garam dan penyedap rasa dan tunggu hingga santannya mengental dan agak mengering.

Jangan lupa campurkan opor ayam tersebut dengan daun salam dan kayu manis. Untuk warna yang cerah sebaiknya gunakan kunyit agar opor ayam kelihatan fresh. jangan lupa beri sedikit air asam jawa. masak dan tunggu hingga matang. Opor ayam (nasu poppo) siap dihidangkan.