Olimpiade Spesial 2015 Dibuka Hari Ini, Apa Itu?

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,BB – Pesta olimpiade spesial dunia tahun 2015 (Special Olympics World Games) dibuka resmi hari ini Jumat 25 Juli 2015. Google juga memeriahkan pesta olimpiade spesial 2015 dengan Google Doodle.

Upacara pembukaan Olimpiade Spesial 2015 ( Special Olympics World Summer Games ) digelar hari ini di Los Angeles Amerika Serikat. Turut hadir sebgai tamu spesial adalah Michelle Obama ( Istri Presiden Amerika yaitu Barrack Obama ) , J Balvin , Siedah Garrett , Jimmy Kimmel dan lain-lain .

Los Angeles dalam 16 tahun terakhir tak menggelar pesta olah raga. Sehingga ini adalah hari istimewa dan spesial karena Special Olympics World Summer Games terlaksana di daerah selebriti itu. Afrika Selatan juga menawarkan diri menjadi tuan rumah olimpiade khusus tersebut , namun berdasarkan hasil voting Los Angles jauh mengungguli negara yang pernah menjadi tuan rumah piala dunia itu .

Olimpiade Spesial 2015 diikuti sebanyak 6500 atlet dari 177 negara , dan dibantu oleh 30.000 relawan untuk mengantisipasi perkiraan penonton yang melonjak hingga 500.000 jiwa . Upacara pembukaan yang bersejarah ini , akan dilaksanakan di Los Angelse Memorial Coliseum , yang juga digunakan sebelumnya pada pembukaan Olimpiade Spesial 1932 dan 1984 yang lalu .

BACA JUGA:   Pelajar Bulukumba Raih Perunggu di Olimpiade Internasional

Olimpiade Spesial adalah sebuah organiasi internasional yang mengadakan acara khusus kemanusian untuk mendukung mereka yang mengalami keterbelakangan mental , disabilitas , cacat intelektual , melalui kegiatan olahraga . Pada awal sejarah-nya organisasi ini didirikan oleh Eunice Kennedy Shriver pada tahun 1968 , dan kemudian gerakan tersebut berkembang hingga didukung kurang lebih 4 juta atlet dari 170 lebih negara partisipan .

Diantara cabang olahraga dipertandingkan adalah atletik , basket , badminton , bersepeda , sepak bola , Golf , Voli , Tenis , Bersepeda , dan lain-lain . Sumber: www.la2015.org