Ingat, Besok Ada Gerhana Bulan Purnama Biru alias Blue Moon

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

blue moon
blue moon
JAKARTA,BB – Sebuah fenomena langka bakal terjadi Jumat 31 Juli 2015 besok. Gerhana “bulan purnama biru” akan terlihat di angkasa luar.

Wow, apa sih gerhana bulan biru itu. Jangan kira gerhana bulan purnama biru anda akan mengamati bulan berwarna biru. Namun, istilah gerhana bulan biru melekat jika terjadi dua kali gerhana bulan purnama dalam satu bulan.

Bacaan Lainnya

Gerhana bulan yang terjadi Jumat besok adalah yang kedua di bulan Juli 2015 setelah 2 Juli 2015 lalu. Sehingga, dalam perkembangan masyarakat menyebut gerhana bulan kedua sebagai gerhana bulan purnama biru atau blue moon.

Menurut NASA, blue moon tetap berwarna abu pucat dan putih layaknya Bulan yang biasa kita lihat saat malam hari. Biasa juga berubah memnjadi warna merah. Hanya saja kenapa tidak berwarna biru. Ya, bloe moon sesungguhnya pernah terjadi karena adanya letusan gunung vulkanik.

Abu hasil letusan tersebut naik ke puncak atmosfer Bumi sehingga ‘mengubah’ warna Bulan menjadi biru. Penasaran dengan warna Bulan purnama pada 31 Juli esok, amati saja dengan memandang ke arah timur setelah Matahari terbenam. Selamat menunggu….

  • Whatsapp