Kapan Lampu Lalu Lintas Pertama Kali Ditemukan?

oleh

JAKARTA,BB – Tahukah anda kapan sebenarnya lampu lalu lintas atau traffic light pertama kali ditemukan?. Jawabannya ada di Google Doodle hari ini yakni pada tanggal 5 Agustus 1914 dengan warna Hijau-Merah.

Sejarah lampu lalu lintas memang tidak terlalu menarik perhatian. Namun, hari ini Google Doodle mengangkat tema penemuan pertama kalinya sistem traffic lights di persimpangan Jalan Euclid Avenue dan East 105th di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat (AS).

Traffic Light awalnya dibuat untuk mengatur kekacauan pengguna jaan di Amerika Serikat. Tak cuma pengguna motor, jalanan saat itu kacau balau dengan pengguna jalan seperti pejalan kaki, pengguna motor, kuda dan sepeda. Apalagi saat perempatan, situasi yang tak terkendali dapat terjadi.

Polisi lalu lilnta atau petugas tak mampu mengendalikan persaingan untuk merebut jalanan terdepan. Sebenarnya ada beberapa perkembangan peraturan pengguna jalan di Amerika Serikat. Pengaturan lalu-lintas pertama kali diterapkan di San Francisco, California, pada 1907.

Aturan kemudi di sisi kirii direapkan pada 1908. Lalu Garis pembatas di tengah jalan mulai 1911 di Michigan, lalu rambu larangan belok kiri di Buffalo, New York pada 1916. Khusus ampu lalu-lintas (traffic light) yang pertama kali mengisyaratkan berhenti dan hati-hati dilakukan pemasangan perangkat palang mekanis di London pada 1868.

Pada tahun 1912 di Salt lake City, Utah, seorang polisi bernama Lester Wire membuat kotak kayu dengan warna merah dan hijau. Namun Garrett Morgan yang kemudian mendapat pengakuan sebagai penemu, setelah mematenkannya pada 1923. Meski saat itu Morgan yang mendapat hasilnya, setelah menjual paten pada General Electric, tapi sistem yang terpasang di Cleveland pada 5 Agustus 1914, diakui sebagai lampu lalu-lintas listrik pertama.

Sistem yang dikembangkan James Hoge, pemilik paten untuk sistem pengendali lalu-lintas pada 1918, terdiri dari empat pasang lampu merah dan hijau, ditempatkan pada setiap persimpangan. Sistem itu dioperasikan secara manual, namun terkonfigurasi dengan baik untuk menghindari kesalahan dalam pergantian sinyal lampu. Sistem itu berlaku hingga saat ini, kecuali warna lampu yang telah ditambah dengan kuning.

Video:
[youtube width=”100%” height=”270″ src=”R4VH7f6Rdso”][/youtube]