Gadis Buta Bersaing Atlet Normal di Lompat Galah Nasional

oleh

EMORY,BB – Dua gadis buta di Amerika Serikat akan mewakili sekolahnya dalam ajang lompat galah tingkat nasional di Texas akhir pekan ini.

Meski menyandang tunanetra, namun Charlotte Brown (15) dan Aria Ottmueller (17) menjadi yang terbaik dari banyak siswa di sekolahnya masing-masing.

Loading...

Selain Keduanya saling bersaing, mereka juga harus lebih baik dengan atlet pelompat galah yang normal untuk merebut juara tingkat nasional negara Texas itu.

Dilansir dari nytimes.com, Brown saat ini tinggal di Emory, sebuah kota berjarak sekitar 65 km sebelah timur dari Dallas. Sementara Aria Ottmueller dari Chandler, Arizona.

Brown terlahir dengan penglihatan normal tetapi kemudian menderita katarak saat usianya baru 16 minggu. Ia juga telah menjalani beberapa operasi pada matanya, termasuk penyisipan lensa buatan.

Penglihatannya kemudian stabil sampai dia berusia 11 tahun hingga mulai kembali parah dan dokter tidak mampu untuk menentukan penyebabnya.

Brown dalam sehari-hari aktif dalam atletik sejak masih muda bersama dengan dua kakaknya. Bahkan dia sempat bertekad untuk bermain sepak bola.

“Dia benar-benar tidak punya rasa takut,” kata sang ayah, Ian Brown.

Sementara Ottmueller lahir dengan saraf optik terbelakang. Ia hanya melihat pada 20 kaki. Di sekolah, Ottmueller menggunakan alat pembesar dan Braille untuk membaca.

Laporan: Cr6/Rival

Loading...