Besok, Unsyiah dan 11 PTN Umumkan Hasil UMB-PTN 2015

  • Whatsapp

ACEH,BB – Jika tak ada aral melintang hasil UMB-PTN akan diumumkan Minggu 9 Agustus 2015 besok. Termasuk Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang menerima sekitar 1300 mahasiswa baru lewat jalur mandiri tersebut.

Tahun ini pendaftar UMBPTN Unsyiah sebayak 3.107. Jumlah ini meliputi 973 orang pemilih IPA, 885 orang pemilih IPS, dan 1.249 orang pemilih IPC. Namun demikian, sebanyak 162 orang peserta tidak hadir untuk mengikuti ujian tersebut. Peserta yang absen tersebut adalah 69 orang pemilih IPA, 35 orang pemilih IPS, dan 58 orang pemilih IPC. Pengumuman hasil ujian ini akan dipublikasikan pada 9 Agustus 2015.

Jumlah peserta ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, 3.783 orang lulusan SMA/MA/SMK terdaftar sebagai peserta UMB-PT Panlok Unsyiah. Unsyiah akan menerima 20%, atau sekitar 1.300 orang, dari jumlah mahasiswa barunya dari jalur UMB-PTN ini, sementara 50% diterima dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), serta 30% dari jalur SBMPTN.

BACA JUGA:   Hasil Pertandingan Perempat Final Piala Dunia U-20 Turki 2013

UMB-PTN adalah jalur mandiri masuk ke PTN yang dilakukan oleh 12 PTN di Indonesia secara bersama. Ke-12 PTN tersebut selain Unsyiah adalah, Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Universitas Teuku Umar Meulaboh, Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utara Medan, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Universitas Jambi, Jambi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Universitas Terbuka, Universitas Udayana, Bali, Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dan Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara.

Animo masyarakat untuk masuk ke PTN melalui jalur mandiri ini memang agak rendah, mengingat Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar oleh mahasiswa yang lulus melalui jalur UMB-PTN ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan kedua jalur lainnya, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Informasi detail tentang biaya Uang Kuliah Unsyiah jalur mandiri ini sudah dirilis di situs resmi www.unsyiah.ac.id. Sedangkan pengumuman diirilis besok di situs http://www.spmb.or.id/ pukul 16:00 WIB. Lihat hasil UMB-PT di sini.

BACA JUGA:   Menpan dan BKN Rilis Pengumuman CPNS K2 di Kalbar, Kalteng dan Kaltim

Pos terkait