Warga Solo Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Sungai Kalianyar

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
image
Para warga masyarakat terlihat sedang mengikutiupcara bendera di sungai kalianyer, Gilingan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Senin (17/8)

SOLO-BB – Keberadaan sungai selalu identik dengan hal kotor, karena sungai saat ini sudah tercemar oleh adanya limbah limbah pabrik. Namun keberadaan sungai yang dangkal seperti musim kemarau sekarang ini, dimanfaatkan warga sekitar untuk melakukan upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-70.

Bacaan Lainnya

Hal inilah yang terlihat, saat ratusan warga Solo melakukan upacara bendera di sungai kalianyar, Gilingan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Senin (17/8) pagi. Demi mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, tak ada sedikitpun rasa jijik ketika berada di kawasan sungai tersebut.

 Uniknya meski diadakan di Sungai, namun upacara ini diselenggarakan seperti upacara pada umumnya, yakni ada pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, Pembacaan UUD 1945 dan Pancasila serta masih banyak lagi.

Ketua RT01/05 Gilingan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Daryanto menerangkan bahwa klegiatan seperti ini baru diadakan pertama kalinya. Alasannya mengadakan kegiatan upacara di kawasan sungai, karena memang warga dilokasi tersebut tak memiliki lahan yang luas untuk upacara.

“Walaupun di sungai, namun tak menyurutkan makna upcara itu sendiri, dan kami melihat semua warga yang terlibat melakukannya dengan sungguh-sungguh. Lewat kegaiatan seperti inilah, rasa nasionalisme akan tumbuh dengan sendirinya,” katanya kepada wartawan di sela kegiatan.

Laporan: Raditya Erwiyanto

BACA JUGA:   Choi Siwon: Happy Independence Day Indonesia! Love you always

Pos terkait