Ultah Duke Kahanamoku, Penemu Selancar Diperingati Google

oleh

duke-kahanamoku-modern
JAKARTA,BB – Situs mesin pencari raksasa Google kembali membuat doodle pada 24 Agustus 2015. Kali ini mengangkat tema penemu olahraga selancar atau surfing.

Google membuat doodle khusus untuk memperingati 125 tahun kelaihiran penemu olahraga di atas obak itu. Dia adalah Duke Kahanamoku. Pemilik nama lengkap Duke Paoa Kahinu Mokoe Hulikohola Kahanamoku ini menjadi sosok yang tampil di halaman utama Google Indnesia dan global. Ia lahir 24 Agustus 1890. Prestasi utamanya saat meraih medali emas Olimpiade cabang Renang. Sebagai anak pantai, sebagaian besar hidupnya di pinggir laut.

Apalagi semasa kanak-kanak hingga menemukan olahraga papan selancar atau surfing. Ia dibesarkan di pantai Hawai. Di sanalah ia belajar berenang hingga membuat prestasi. Selain juara lomba yang diadakan secara rsmi, Duke Kahanamoku juga ahli dalam hal papan surfing. Ia pernah membuat papan surfing terpanjang. Bahkan menjadi sorotan media setelah sukses berdiri 3 jam di atas papan surfing air tawar.
Ultah Duke Kahanamoku, Penemu Selancar Diperingati Google
Tak cuma itu ia juga pernah menjadi regu penyelamat dengan menggunakan surfing pada peristiwa kapal pesiar terbalik dari Newport Beach, California. Selamat Ultah ke-125 Duke Kahanamoku.