Apa Itu Roti Baguette, Ini Resep Utamanya

oleh

PARIS,BB – Roti Perancis (French Baguettes Recipe), Baguette menjadi trending topik di Google hari ini, Minggu 13 September 2015. Apa itu Baguette atau yang dikenal dengan nama roti perancis?.

Roti ini memang khas dan ditemui di Paris Perancis. Bentuknya panjang 65 centimeter bahkan mencapai 1 meter. Wow, tentu satu roti ini dapat dihidangkan beramai-ramai. Baguette memang pertama kali dibuat 22 tahun silam di Paris Perancis.

Olehnya itu situs Google tepat 13 September membuat doodle khusus tentang roti Baguette. Kenapa diberi nama Baguette?. Ya karena namanya ini merujuk dari makna ‘tongkat’ seperti pada frasa baguette magique (tongkat sihir) atau baguette de direction (tongkat dirigen).

Bahan utama membuat Baguette adalah tepung roti, garam kosher dan ragi. Adonan kemudian dicampur lalu di kembangkan sebanyak tiga kali. Setelah selesai lalu dipanggang. Resep roti Baguette sebagai berikut:
6 cangkir tepung roti
1 sdm garam kosher
2 sdt ragi
2 gelas air hangat

Sebenarnya roti Baguette sempat kontroversi. Bahkan asal mula roti tradisional Perancis ini dibawa dari Austria. Namun ada bukti pula jika orang Prancis sudah mengonsumsi baguette sejak zaman Louis XIV, yang menandakan roti ini sudah ada di negeri tersebut sejak tahun 1800-an.

Baguette sempat heboh kala Euro 2016. Saat Austria memastikan diri lolos ke Prancis sang pelatih Austria, Marcel Koller melahap baguette.