Sail Tomini 2015 di Teluk Terbesar Indonesia

oleh

PALU,BB – Jika tak ada aral melintang Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Sail Tomini 2015 di Sulawesi Tengah, Sabtu 19 September 2015. Puncak Sail Tomini 2015 di gelar di perairan yang dikenal dengan teluk terbesar di Indonesia itu.

Secara geografis, teluk Tomini berada di garis khatulistiwa seluas sekitar 59.500 km2. Teluk ini merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia (Coral Triangle) dan Taman Nasional Laut Kepulauan Togean dikenal sebagai “The Heart of Coral Triangle”.

Teluk ini memiliki garis pantai 2.400,46 km dan 50 persen atau sekitar 1.179 km berada di Provinsi Sulawesi Tengah.
Sail Tomini dirangkaikan dengan berbagai even kemaritiman. Termasuk pekan budaya dan pariwisata diplomatic tour yang diikuti 27 negara. Antara lain Argentina, Kanada, Belanda, Polandia, India, Bulgaria, Libya, dan Persatuan Emirat Arab.

Di Sulteng, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana juga dijadwalkan meninjau Rumah Sentra Informasi Nelayan dan mendatangi Balai Budidaya Ikan Pantai, Kecamatan Parigi Selatan. Puluhan penerjun payung dari berbagai kesatuan juga turut melakukan atraksi memeriahkan acara puncak Sail Tomini 2015 di Pantai Kayu Bura, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah itu.