Penemuan Air di Mars Tanda Kehidupan Jadi Google Doodle

  • Whatsapp

image
JAKARTA,BB – Kabar gembira tentang penemuan air di planet Mars. Google juga turut memberikan apresiasi lewat Google Doodle bertema “Evidence of water found on Mars!”.

Apakah dengan adanya titik air ini akan ada tanda kehidupan di Mars. Seperti diberitakan TIME, ilmuwan menemukan adannya titik air di planet merah Mars.

Penemuan sekaligus membuat spekulasi mahluk hidup dapat bertahan di planet ini. Penemuan pertama kali dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature Geoscience. Bukti air sejenis ‘melokul air-garam.  Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) memberikan bukti kuat adanya air cair yang mengalir sedikit demi sedikit di Mars saat ini.

Dengan menggunakan spektrometer pencitraan pada MRO, peneliti mendeteksi tanda dari mineral yang terhidrasi pada lereng di mana adanya garis misterius yang terlihat di planet merah tersebut.

BACA JUGA:   Update: Hasil rekap real count Pilpres 2014 KPU versi Detik, Merdeka dan Kawal Pemilu

Garis garis tersebut terlihat mengalir dari waktu ke waktu. Garis misterius itu terlihat gelap serta terlihat mengalir ke lereng yang curam selama musim hangat, dan kemudian memudar di musim dingin. Fenomena ini muncul di beberapa lokasi di Mars saat suhu berada di atas 23 derajat celcius dan akan menghilang pada suhu yang lebih dingin lagi.

“Pencarian kita di Mars untuk ‘mengikuti air,’ dalam pencarian kehidupan di alam semesta, dan sekarang kami memiliki ilmu yang meyakinkan untuk memvalidasi apa yang kita sudah lama dicurigai,” kata seorang astronot dan Asosiasi Administrator Sains NASA, John Grunsfeld.

“Ini adalah perkembangan yang signifikan, seperti muncul untuk mengkonfirmasi adanya air -meskipun asin-. Mengalir saat ini di permukaan Mars,” sambungnya.

BACA JUGA:   Insya Allah, Keluarga Korban Crane dari Bulukumba Dapat Santunan Rp3,8 Miliar

Sementara itu, penulis jurnal ilmiah soal keberadaan air Mars yang juga berada dari the Georgia Institute of Technology (Georgia Tech), Lujendra Ojha mengatakan penemuan bukti-bukti baru ini memperkuat bukti garis-garis misterius yang pertama kali dirinya temukan lima tahun yang lalu adalah air.

“Ketika kebanyakan orang berbicara tentang air di Mars, mereka biasanya berbicara tentang air kuno atau air beku,” kata Ojha.

Penemuan ini adalah yang terbaru dari banyak terobosan dari misi Mars NASA.

“Butuh beberapa pesawat ruang angkasa selama beberapa tahun untuk memecahkan misteri ini, dan sekarang kita tahu ada air cair di permukaan yang dingin, planet padang pasir ini,” kata ilmuwan untuk Mars Exploration Program NASA, Michael Meyer.

BACA JUGA:   Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hingga 31 Maret 2014

“Tampaknya semakin kita mempelajari Mars, semakin kita belajar bagaimana hidup bisa didukung dan di mana ada sumber daya untuk mendukung kehidupan di masa depan,” ucapnya.

Pos terkait