Menkeu Baru Chatib Basri Dilantik Presiden SBY [Profil]

oleh

JAKARTA,BB – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wapres Boediono, melantik Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan menggantikan Agus Martowardojo, Selasa 20 Mei 2013, di Istana Negara, Jakarta.

Agus Martowardojo akan menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia. Chatib Basri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 60 P Tahun 2013, yang ditetapkan di Jakarta, tertanggal 20 Mei 2013.

Loading...

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, langsung atau tidak langsung, dengan nama atau dalih apapun, tidak memberikan atau menjanjikan ataupun akan memberikan sesuatu kepada siapapun juga,” ujar Presiden SBY yang kemudian diikuti oleh Chatib Basri selaku pejabat yang dilantik, seperti dilansir presidenri.go.id.

Usai pengambilan sumpah, rangkaian pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan pemberian ucapan selamat dari Kepala Negara dan Wakil Presiden diikuti para menteri dan para undangan lainnya.

Muhamad Chatib Basri adalah seorang ekonom yang memiliki pengalaman dan penugasan yang luas. Sebelum dilantik menjadi Menkeu, Chatib menjabat Kepala Badan Koordianasi Penanaman Modal (BKPM).

Selain itu, Chatib juga pernah menjadi staf khusus Menkeu. Pernah juga menjabat sebagai Deputi Menkeu dan Serpa dalam rangkaian tugas-tugas G20. Sebelum menjadi Kepala BKPM, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Tampak hadir para menteri KIB II, antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Mendikbud M Nuh, Mendag Gita Wirjawan, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin, Mentan Suswono, Meneg PP dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar, Panglima TNI Agus Suhartono, Kapolri Timur Pradopo, Jaksa Agung Basrief Arief, dan Seskab Dipo Alam.

Profil singkat:
Muhammad Chatib Basri memiliki keahlian di bidang perdagangan internasional, makroekonomi, dan ekonomi politik. Ia meraih gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia.

Sementara gelar Master dan PhD didapat setelah memperdalam ilmu ekonomi di Australian National University, Canberra, Australia.

Chatib Basri memulai karir sebagai peneliti pada Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM-UI) pada tahun 1992 sekaligus sebagai dosen di FE UI. Pada periode 1997-2001, Chatib menjabat sebagai asisten peneliti di Departemen Ekonomi Australian National University.

Tahun 2005, Chatib menjadi anggota Advisory Team to The Indonesian National Team on International Trade Negotiation. Ia juga pernah menjadi konsultan di sejumlah lembaga internasional, seperti Bank Dunia, USAID, AUSAID, OECD, hingga UNCTAD.

Tahun 2010-2011, Chatib menjadi anggota High Level Trade Expert Group yang dipimpin oleh Jagdish Bhagwati dan Peter Sutherland.

Pria kelahiran Jakarta, 22 Agustus 1965 ini juga pernah menjadi Staf Khusus Menteri Keuangan (2006-2010), kemudian anggota Komite Penanaman Modal Bidang Ekonomi di BKPM (2007-2008), Sherpa Indonesia untuk G-20 (2008), dan Deputi Menteri Keuangan untuk G-20 (2006-2010). Chatib juga sempat menjadi Wakil untuk Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Pendiri CReco Research Institute ini adalah mantan komisaris di beberapa perusahaan publik antara lain PT Astra International, PT Semen Gresik Tbk, PT Astra Otoparts, dan PT Indika Energy. Dari 2010-2012, Chatib menjadi Direktur Non Eksekutif Independen Axiata Group Bhd. Ia juga anggota Regional Advisory Board Toyota Motor Asia Pasifik.

Laporan: Cr12/Hms/Yun

Loading...