Bayi Cyclopia, Bermata Satu Lahir di Mesir

859 views

Seorang bayi bermata satu posisi di tengah dahi dikabarkan lahir di El Senbellawein, Mesir. Bayi tersebut mengidap cyclopia, sebuah penyakit langka yang namanya diambil dari seorang raksasa bermata satu dalam mitologi Yunani.

Pengidap Cyclopia biasanya langsung meninggal setelah dilahirkan. Satu mata dan tidak adanya hidung disebabkan oleh kantong mata yang tidak terbentuk sempurna semasa bayi berada dalam kandungan. Sebagian besar bayi dengan kondisi ini juga mempunyai gangguan lain, seperti jantung yang tidak sempurna.

Sebuah media di Arab Saudi, slaati.com mengabarkan bahwa kelainan pada bayi Cyclops ini kemungkinan disebabkan oleh paparan radiasi saat masih ada dalam kandungan. Diduga pula, faktor lain yang berkontribusi adalah penggunaan obat-obatan saat ibunya sedang mengandung.

Dr Ahmed Badruddin yang menangani bayi ini mengatakan ada beberapa kelainan di badan si bayi, sehingga diperkirakan tidak mampu bertahan lama. Dikutip dari Dailymail, Rabu (7/10/2015), gambar bayi tersebut beredar konon dirilis sendiri oleh keluarga yang kini mendapatkan konseling.

Kelainan cyclopia ditemukan pada 4 dari 1.000 kelahiran dan biasanya lahir prematur. Biasanya, lebih sering ditemukan pada binatang. (Dailymail)

Bayi Cyclopia