Prague Astronomical Clock di Home Google

image

The Prague astronomical clock, or Prague orloj


Tahukah anda apa itu Jam Astronomi Praha atau Prague astronomical clock yang ada di beranda Google hari ini, 9 Oktober 2015. Jam tia itu terletak di sebuah kota  tua Praha, Republik Ceko.

“The Prague astronomical clock, or Prague orloj was first installed in 1410, making it the third-oldest astronomical clock in the world and the oldest one still working,”tulis Wikipedia. Jam itu bernama “Jam Astronomi Praha” dalam bahasa internasional sering disebut “Prague Astronomical Clock”. Jam kuno ini memiliki ukuran raksasa  terpasang di Balai Kota. Dan terpasang sejak tahun 1410.

Hari ini, Jam Astronomi Praha berulang tahun yang ke 605. Jam tersebut masih terlihat kokoh dan terawat dengan baik dan juga masih berfungsi sebagai penunjuk waktu. Hal ini membuat jam tersebut sebagai satu-satunya jam astronomi tertua yang pernah ada di dunia.

BACA JUGA:   Selamat Hari Batik Nasional 2014! Google Indonesia & PNS ikut merayakan

Jam astronomi Paraha ini dibuat oleh Mikulas of Kadan bersama dengan seorang ahli matematika dan astronom yang berasal dari Universitas Charles, bernama Jan Sindel sekitar tahun 1410. Jam ini sering juga disebut Orloj, jam ini merupakan tipe mekanik kuno yang mempunyai fungsi sebagai salah satu penunjuk dari pergerakan semua benda yang ada dilangit.

Iklan Iklan

Jam Astronomi Praha, ternyata juga bisa dipakai untuk membaca bagimana posisi matahari pada berbagai nusim. Sampai saat ini jam astronomi praha ini menjadi tujuan wisata dunia dan selalu diperingati ulang tahunnya.

Seperti pada hari ini 9 Oktober 2015 Google Doodle kembali merayakan ulang tahun jam astronomi praha ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Setiap hari ulang tahun jam astronomi ini, hampir semua warga Praha dan semua warga Republik Ceko merayakannya. (Berbagai sumber).

BACA JUGA:   Jonas Salk ilmuwan medis penemu vaksin polio

Google Doodle Jam Astronomi Praha

Penulis: 
    author

    Posting Terkait