APK Heboh, Ingatki Tanggal 9 Desember 2015 Coblos Nomor 1 Saja

oleh

Sebuah Alat Peraga Kampanye (APK) milik pasangan calon kepala daerah menjadi heboh di sosial media jelang Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015. APK berisi ajakan untuk memilih pasangan nomor urut 1 yakni Nur Husain dan Esra Lamban (Nusantara) menjadi heboh di sosial media utamnya pada pengguna blackberry messenger (BBM).

APK ini berisi tulisan “Ingatki Tanggal 9 Desember 2015 Coblos Nomor 1 Saja”. APK milik Nusantara ini pun menuai kontroversi. Namun, tak sedikit pula mendukung karena sudah sesuai persyaratan. Dilansir dari laman luuwuraya.com, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur, Wahyuddin Alqadry sudah menjelaskan perihal itu.

Loading...

Berikut penjelasan KPU Lutim tentang Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan calon nomor urut 1 yang menuliskan kalimat “Ingatki 9 Desember 2015 Coblos 1 Saja” yangg menjadi sorotan berbagai komponen yang disampaikan secara lisan kepada KPU Lutim dan PPK :

1. Dalam peraturan KPU hanya melarang penggunaan lambang negara RI dan lambang negara lain, serta kalimat yang menghina/menghasut yang berpotensi menimbulkan kekacauan diantara masyarakat, serta penggunaan logo partai yg tidak mengusung calon tersebut.

2. Desain APK menjadi hak masing – masing pasangan calon sepanjang tidak melanggar ketentuan yg berlaku.

3. KPU Lutim telah melakukan verifikasi terhadap semua desain seluruh APK pasangan calon dan memutuskan tidak ada pelanggaran di masing2 desain APK.

4. Seluruh desain APK telah disampaikan ke Panwaslu Luwu Timur untuk di koreksi dan saat dikembalikan ke KPU Lutim tanpa koreksi.

5. Seluruh desain APK telah mendapat persetujuan dari tim pasangan calon pada rakor KPU Lutim yang dihadiri Ketua dan anggota Panwaslu Lutim dan Tim pasangan calon (paslon) yaitu Husain dan piter KP (no. 1), sutesman dan abd najib (no. 2) serta dandi mahaseng dan yudi burhan (no. 3).

6. Seluruh desain APK telah dibubuhi tanda tangan masing – masing tim paslon.

Loading...