Besok Mulai Puasa Asyura, 9 dan 10 Muharram di Tahun 2015

oleh

Asyura 10 Muharram, tahun 2015
Asyura 10 Muharram, tahun 2015

Hari ‘Asyura memang ditunggu umat muslim. Pada tahun 2015 ini, hari ‘Asyura 10 Muharram 1437 Hijriyah jatuh pada Jumat tanggal 23 Oktober 2015. Setelah kapan tanggal 10 Muharram terjawab, lalu apa keistimewaan hari Asyura?.

Di hari tersebut terdapat keutamaan untuk mendapat pahala berlipat dengan berpuasa. Siapa yang tidak mau mendapat tempat di Surga. Karena puasa ‘Asyura menggugurkan dosa-dosa setahun yang lalu.

Loading...

Al Imam Abu Daud meriwayatkan di dalam Sunan-nya dari Abu Qatadah Radhiallahu’anhu
وَصَوْمُ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ إنِّي أَحْتَسِبُ عَلَى اللّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَنَة َالتِيْ قَبْلَهُ
“Dan puasa di hari ‘Asyura, sungguh saya mengharap kepada Allah bisa menggugurkan dosa setahun yang lalu”. Tahukah anda bahwa puasa Asyura juga diagungkan orang jahiliyah pada masa pra Islam dan bangsa Yahudi. Namun puasa Asyura umat muslim mengikuti Nabi Musa yang berpuasa pada Asyura karena karena pada hari itu Allah Subhanahu wa Ta’ala selamatkan Nabi Musa ‘alaihissalam dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya.

Meski hari ‘Asyura jatuh pada tanggal 10 Muharram, namun ada pula hadist yang meriwayatkan untuk berpuasa ‘Asyura selama tiga hari. Yakni pada tangga 9, 10 dan 11 Muharram di tahun Hijriyah.

Al Imam Asy-Syaukani dan Al Hafidz Ibnu Hajar mengatakan puasa ‘Asyura ada tiga tingkatan. Yang pertama puasa di hari ke 10 saja, tingkatan kedua puasa di hari ke 9 dan ke 10 dan tingkatan ketiga puasa di hari 9,10 dan 11. Artinya puasa Asyura pada tanggal 22 Oktober, 23 Oktober dan 24 Oktober 2015.

Loading...