Penipu Kupon Undian Asal Sidrap Tertangkap di Semarang

oleh

SEMARANG, BB – Penipuan lewat sms maupun lewat kupon undian semakin marak terjadi. Seperti halnya para penipu asal Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan lewat modus kupon undian minyak goreng dan air mineral berhasil meraup untung Rp 1 miliar lebih selama beraksi di Jawa Tengah. Aksi para penipu ini sudah berlangsung sejak enam bulan terakhir.

Para penipu ini diciduk tim Jatanras Polda Jateng di sebuah rumah kontrakan di Griya Payung Asri, Banyumanik. Mereka adalah Firdaus (26), Sudarmin (34), Faisal (21), Anto Laupe (26), Laonding (38), Kasmir Kamal Uddin (21) dan Zaenal Menralo (37).

Loading...

Akan tetapi dari Rp 1 miliar uang hasil kejahatan yang disita kepolisian hanya Rp 41 juta, sisanya sudah dikirim ke kampung para pelaku di Sidrap.

Kombes Pol Gagas Nugraha selaku Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng mengatakan akan mengirim sejumlah anggotanya ke Sidrap untuk menyita hasil kejahatan yang sudah dikirim para pelaku ke kampung halamannya tersebut.

Para pelaku akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan. Para pelaku juga terancam dijerat Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Loading...