Awas, Benda Misterius Akan Jatuh ke Bumi

oleh

BERITABULUKUMBA.COM-, Ilmuan menemukan objek misterius di antariksa yang dikabarkan akan jatuh ke bumi pada pertengahan November. Obyek tersebut dinamai WT1190F. Nama “WTF” menunjukkan ekspresi kekagetan para ilmuwan sekaligus betapa misterius obyek tersebut.

Ilmuan memperkirakan objek berukuran 1-2 meter itu akan jatuh ke Bumi pada 13 November 2015. WT1190F bakal jatuh di Samudra Hindia, 65 kilometer dari wilayah paling selatan Sri Lanka.

Loading...

Objek misterius tersebut ditemukan lewat program pengamatan Catalina Sky Survey pada awal Oktober 2015 lalu. Obyek itu memiliki orbit yang sangat lonjong. Terjauh, obyek bisa mencapai jarak 2 kali jarak Bumi-Bulan.

Sebelumnya pada 23 Oktober 2015 lalu, ilmuwan memprediksi bahwa massa jenis obyek itu rendah dan punya rongga. Jadi, ilmuwan memperkirakan, obyek itu adalah buatan manusia seperti dikutip Nature.

Orang awam bisa jadi takut akan adanya berita sampah antariksa yang jatuh ke bumi, akan tetapi ilmuwan justru berbahagia. Jatuhnya WT1190F akan dimanfaatkan untuk melatih kemampuan melacak obyek antariksa yang jatuh ke bumi.

Apabila beruntung bisa menyaksikan jatuhnya sampah antariksa itu maka akan terlihat seperti meteor ketika jatuh ke bumi.

Sumber Foto: B. Bolin, R. Jedicke, M. Michel

Loading...