Akhirnya Bulukumba Meraih WTP

oleh

BULUKUMBA,BB – Laporan keuangan daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Sulsel mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk pertama kali.

Penghargaan tertinggi dalam pemeriksaan laporan keuangan pemkab tersebut diterima Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan dari Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan Cornell Syarif pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Atas Laporan Keuangan Pemkab Bulukumba bersama dengan Pemkab Luwu Timur Tahun Anggaran 2012, Jumat 23 Mei 2013 di Gedung BPK RI Makassar.

Loading...

Opini WTP ini didapatkan setelah BPK melaksanakan pemeriksaan laporan keuangan daerah atas tiga hal pokok pemeriksaan yaitu laporan keuangan, sistem pengendalian interen, kepatuhan atas peraturan perundang –perundangan.

R. Cornel Syarief mengungkapkan rasa bahagianya atas upaya yang telah dilakukan aparatur
Pemkab Bulukumba dalam upaya sungguh-sungguh melaksanakan penataan pengelolaan keuangan, sehingga dapat meraih hasil pemeriksaan dengan predikat Opini WTP. Menurutnya Pemkab Bulukumba patut diapresiasi oleh karena memiliki semangat dan bersungguh-sungguh berupaya meningkatkan kualitas laporan keuangannya dari opini Wajar Dengan Pengeculian (WDP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas (WTP-DPP).  Paragraf penjelas tersebut adalah terkait dengan pelaksanaan penghitungan sistem penyusutan aset daerah.

Atas hasil WTP ini, Bupati Zainuddin Hasan menyampaikan rasa terima kasih kepada para aparatur Pemkab Bulukumba yang telah bekerja keras melaksanakan pengelolaan keuangan dan menyajikan laporan keuangan yang lebih baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sebelumnya tidak ada yang memprediksi Bulukumba bisa dapat WTP, namun karena usaha yang maksimal melakukan pembenahan pengelolaan keuangan, maka pada hari ini kita bisa melihat hasilnya seperti ini.

“Saya menilai opini WTP adalah hal yang wajar diterima, namun yang lebih sulit adalah mempertahankannya, sehingga apa yang telah raih saat ini menjadi cambuk untuk berbuat yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan pada masa yang akan datang”.ujarnya

Turut hadir dalam penyerahan Laporan LHP ini adalah Ketua DPRD A Hamzah Pangki, Kepala Inspektorat  A Nurdiana dan Kadis DPKD A Mappiwali bersama sejumlah aparatur Pemkab Bulukumba, serta jajaran Pemkab Luwu Timur yang juga mendapatkan Opini WTP atas pengelolaan keuangannya.

Laporan: CR15/Hms

Loading...