Siapa Adolphe Sax, Peniup Saxophone di Google Doodle?

oleh

Adolphe Sax di Google Doodle
Adolphe Sax di Google Doodle
JAKARTA,BB – Siapa Adolphe Sax di Google Doodle hari ini, Jumat 6 November 2015?. Who is Adolphe Sax? Berikut penjelasannya.

Ia adalah seorang desainer musik terkenal asal Belgia. Pemilik nama lengkap Antoine-Joseph “Adolphe” adalah pemain saxophone. Selain saksofon, dia juga disebut sebagai penemu saxotromba, saxhorn dan saxtuba.

Loading...

Wow, sungguh luar biasa. Tak heran jika Google merayakan ulang tahunnya yang ke-201 hari ini. Antoine-Joseph Sax lahir pada 6 November 1814 di Dinant, Belgia. Sebenarnya, ia adalah anak dari perancang saxophone yakni ayahnya sendiri.

Nama Adolphe adalah julukannya saat masih kanak-kanak. Darah seni Ayah dan ibunya diikuti sehingga Adolphe Sax menjadi desainer instrumen. Adolphe mulai membuat karya instrumen sendiri pada usia dini. Pada usia 15 tahun ia pernah mengikuti kompetisi klarinet.
Setelah meninggalkan sekolah, Sax mulai bereksperimen dengan desain instrumen baru. Sedangkan orangtuanya terus membuat instrumen konvensional untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga kala itu.

Penemuan penting pertama Adolphe adalah membuat beberapa perbaikan pada bass klarinet dengan meningkatkan keywork akustik dan memperluas jangkauan nada yang lebih rendah yang dipatenkan pada usia 24 tahun. Sax pindah secara permanen ke Paris pada tahun 1841 dan mulai bekerja pada sebuah instrumen baru yang dipamerkan pada tahun 1844 yakni terompet valved.

Sax mempatenkan ciptaannya itu pada tahun 1846. hak paten Sax mencakupi 2 keluarga Saxophone yaitu keluarga orkestra (in C dan in F) dan keluarga band (in Bb dan in Eb).

Paten Sax berakhir pada tahun 1866; setelah itu, banyak pemain saksofon dan produsen alat melakukann perbaikan untuk desain dan keywork. Modifikasi substansial pertama oleh produsen Perancis yang diperpanjang bel sedikit dan menambahkan kunci tambahan untuk memperluas jangkauan ke bawah oleh satu semitone ke B ♭. Dia menderita kebangkrutan pada tahun 1856 dan pada tahun 1873. (Berbagai sumber/JFd/Wikipedia/Lemon)

Loading...