Calon Pejabat BI Kaji Potensi Perikanan Bulukumba

oleh

BULUKUMBA,BB – Sejumlah calon pejabat Bank Indonesia (BI) melakukan kunjungan ke Kabupaten Bulukumba untuk mengkaji potensi perikanan dan kelautan Bulukumba.

Mereka yang terdiri dari 16 orang tersebut adalah peserta Sekolah Staf Pimpinan Bank Indonesia (SESPIBI) yang melaksanakan kegiatan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) di Bulukumba dengan topik kajian Ketahanan Pangan dan Energi untuk Kemandirian Bangsa.

Loading...

“Tujuan kami datang ke Bulukumba untuk mengetahui implementasi pengembangan komoditas perikanan dan kawasan Minapolitan Perikanan Budidaya di Bulukumba. Kami ingin mengkaji kaitannya kehidupan riil masyarakat di sektor perikanan dan kelautan,” kata Gusti Eka Putra, Pimpinan rombongan SSDN-SESPIBI, Selasa 28 Mei 2013.

Gusti Eka Putra menyampaikan hal itu, saat diterima Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan, di Kantor Bupati Bulukumba. Bupati Zainuddin Hasan menyambut baik kedatangan peserta SSDN-SESPIBI. Bupati Zainudidn Hasan memberikan penjelasan terkait potensi ekonomi Bulukumba.

“Saat ini, program pemerintah pusat bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, terutama dalam hal pembangunan infrastruktur perikanan seperti pembangunan PPI (Pelabuhan Pendaratan Ikan). Pemkab Bulukumba saat ini terus berupaya menekankan peningkatan produktivitas penangkapan ikan, sebagaimana tujuan pembentukan kawasan Minapolitan itu sendiri “urai Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan.

Pada kesempatan tersebut para SSDN BI juga berdialog langsung dengan para pengusaha perikanan dan pihak perbankan, kaitannya dengan kehidupan perekonomian sektor perikanan.

Menurut Kadis Kelautan Perikanan Muh Sabir, pemkab memang serius mengembangkan sektor perikanan, hal ini dapat dibuktikan pada tahun 2013, pengalokasian anggaran perikanan lebih besar dibanding sektor pertanian lainnya, ujar Sabir Usai diterima Bupati Bulukumba, rombongan peserta SSDN-SESIPIBI, berkunjung ke TPI Bentenge, Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Bontobahari yang sementara dibangun, kawasan industri pembuatan perahu pinisi di Tanahberu, serta ke PPI Kajang. Rombongan SSDN-SESPIBI merupakan bagian dari pendidikan terakhir yang harus dijalani sebelum jadi pejabat di BI.

Laporan: Cr16/Hms

Loading...