Pelajar Bulukumba Raih Perunggu di Olimpiade Internasional

oleh

BULUKUMBA,BB – Dua pelajar asal SMA Negeri 1 Bulukumba berhasil menyabet medali perunggu dalam ajang ISPro 2013.

Meski mendapat perunggu, namun Arnella Bestari dan Andi Muh Ariansyah sukses menyingkirkan finalis International Science Project Olympiad (ISPrO) berbagai negara.

Loading...

Keduanya menunjukkan karya ilmiah bidang Biologi Lingkungan tentang Manfaat Terong Sebagai Energi Alternatif. Sedikitnya 23 peserta dari negara lain disingkirkan Arnella Bestari dan Andi Muh Ariansyah.

Pada ajang yang digelar pada 19-24 Mei 2013 itu, pelajar Indonesia meraih juara umum dengan koleksi 14 medali yakni 6 medali emas, 4 perak, dan 4 perunggu.

Ajang ini melombakan penelitian bidang kimia lingkungan, biologi lingkungan, dan fisika lingkungan.

Medali emas ISPrO bidang kimia dipersembahkan pasangan Angela Lois Iskandar dan Regina Palma Pranata, pasangan Vania Erriza dan Shafira Raudya Aidina. Medali emas bidang fisika diraih pasangan Jeni Purnamawati dan Queen Votka Rosady serta Jeffry Wicaksana dan Sheren Devina Soenario.

Bidang biologi, medali emas diraih pasangan Allice Fajri dan Primananda Rahmalida serta Amelia Nugrahaningrum dan Krisnanto Wibowo.

Olimpiade tersebut diikuti 24 negara, seperti Kazakhstan, Afghanistan, Bangladesh, Tanzania, Thailand, Bosnia Herzegovina, Albania, Lithuania, Turki, Myanmar dan Malaysia. Sebanyak 270 peserta ikut dalam 90 tim proyek penelitian.

Laporan: Cr13/Musda

Loading...