Wow! Anak Bos FB Lahir, Zuckerberg Sumbang 99 Persen Saham

oleh

Maxima Chan Zuckerberg
Maxima Chan Zuckerberg

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg sangat bergembira setelah kelahiran anak pertamanya, Maxima Chan Zuckerberg. Mark Zuckerberg pun berniat menyumbangkan 99 persen saham miliknya untuk kemanusiaan.

Bayi perempuan Mark Chan itu lahir dengan berat 3,4 kg itu diberi nama Maxima Chan Zuckerberg dengan panggilan, Max. Pada Selasa (1/12/2015) siang waktu San Francisco, atau Rabu (2/12/2015) dini hari waktu Indonesia bos FB itu menulis surat terbuka di catatan Facebooknya. Ia mengumumkan dirinya bakal membuat yayasan bernama Chan Zuckerberg Initiative.

Bukan hanya itu, pasangan itu berniat untuk menyumbangkan 99 persen saham mereka untuk amal melalui yayasan itu. Nilainya saat ini disebutnya mencapai 45 miliar dollar AS. Bersamaan dengan itu, Zuckerberg juga memajang foto keluarga pertamanya di Facebook. Zuck nampak menggendong sambil menatap wajah Max yang ada di pelukan.

Sementara Priscilla berada di sampingnya memeluk Zuck dan membelai kepala Max. Keduanya nampak tersenyum bahagia memandang wajah buah hati mereka.

Atas kedatangan puterinya, Zuck akan mengambil cuti selama dua bulan. Selama Zuckerberg cuti, Facebook kemungkinan bakal dipimpin oleh dua orang kepercayaannya, COO Sheryl Sandberg dan Head of Product Chris Cox

Berikut sebagian dari isi surat itu:

Max Sayang,
Ibumu dan aku belum memiliki kata-kata yang dapat menggambarkan harapan yang kamu berikan buat kami di masa depan. Hidup barumu menjanjikan banyak hal dan kami berharap kamu akan bahagia dan sehat sehingga bisa mengeksplorasinya. Kamu sudah memberi kami alasan untuk merenungkan kehidupan yang kami ingin kamu tinggali.

Seperti semua orangtua, kami ingin kamu tumbuh di dunia yang lebih baik dari hari ini.

Sementara semua berita utama kerap berfokus pada hal-hal yang salah, di banyak hal dunia itu menjadi semakin baik. Kesehatan meningkat. Kemiskinan menyusut, Pengetahuan semakin berkembang. Orang-orang saling terhubung. Kemajuan teknologi di segala bidang berarti hidupmu secara dramatis menjadi lebih baik dari kami saat ini.

Kami akan melakukan bagian kami untuk membuat ini terwujud, bukan hanya karena kami mencintai kamu, tapi juga karena kami memiliki tanggung jawab moral untuk semua anak pada generasi berikutnya.

Kami percaya semua kehidupan memiliki nilai yang sama, dan itu termasuk banyak orang yang akan hidup di generasi mendatang. Masyarakat kami memiliki kewajiban untuk berinvestasi saat ini untuk meningkatkan kehidupan semua orang yang hadir ke dunia ini, bukan hanya mereka yang sudah ada di sini.

Namun saat ini, kami tak selalu bersama-sama mengarahkan sumber daya pada kesempatan terbesar dan masalah yang akan dihadapi generasimu.

sebut saja penyakit. Hari ini kami membelanjakan 50 kali lebih banyak untuk mengobati orang yang sakit ketimbang berinvestasi untuk mencegahnya.

Obat-obatan hanya jadi obyek ilmu pengetahuan kurang dari 100 tahun lalu, dan kami sudah melihat obat mujarab untuk beberapa penyakit dan obat lainnya tengah mengalami kemajuan. Bersamaan dengan kemajuan teknologi, kami memiliki kesempatan untuk mencegah, menyembuhkan, dan mengatasi semua penyakit lainnya dalam 100 tahun kemudian.

Hari ini, kebanyakan orang mati karena lima hal–penyakit jantung, kangker, stroke, penurutnan fungsi sarap, dan penyakit menular–dan kami bisa membuat kemajuan yang lebih cepat untuk mengatasi hal ini, juga hal lain.