Ternyata Hasil Pilkada Serentak 2015 Terungkap di Twitter

oleh -

Pilkada versi Twitter
Pilkada versi Twitter

JAKARTA,BB – Pilkada serentak di Indonesia mengundang aktivitas beragam di sosial media. Kampanye, status dan tweets tentang Pilkada serentak 2015 cukup menyita perhatian sosial media utamanya Twitter.

Setidaknya terdapat 370.000 tweets terkait Pilkada selama satu hari kemarin. Sebagai platform real-time dan publik, Twitter menjadi tempat bagi masyarakat Indonesia untuk melihat hasil sementara #Pilkada2015 kemarin.

Berdasarkan data Twitter mengenai percakapan seputar Pilkada satu bulan terakhir, dapat diprediksi nama kandidat yang unggul dalam pemilihan suara 2015 versi Twitter untuk masing-masing daerah. Data-data ini ternyata memiliki hasil yang cukup sesuai dengan data hasil quick count yang dikeluarkan oleh beberapa lembaga. Demikian menurut keterangan resmi Twitter, Minggu (13/12/2015).

Loading...

Selain dimanfaatkan oleh para pemilih untuk mencari informasi terkini tentang para kandidat, Twitter juga dimanfaatkan oleh para kandidat dalam membangun personal branding untuk meraih dukungan masyarakat di daerah masing-masing. Para kandidat menciptakan tagar untuk kampanye mereka, seperti #SalamTigaJari oleh Airin-Benyamin, #IkiSuroboyo oleh Risma-Whisnu, #SulutHebat oleh Olly-Steven, serta #DepokTerbaik oleh Idris-Pradi.

Dengan demikian, popularitas calon ternyata berdampak dari aktivitas di sosial media. Baik dari akun pribadi calon, maupun tim pemenangan khusus sosial media. Wow, sebuah inspirasi untuk pilkada di masa datang….