BKS Iyengar, Mengajar Yoga Hingga Indonesia

oleh

Iyengar Yoga Indonesia sedang latihan
Iyengar Yoga Indonesia sedang latihan

JAKARTA,BB – Situs pencari raksasa Google kembali membuat doodle pada hari ini, Senin 14 Desember 2015. Kali ini Google memperingati hari kelahiran atau ulang tahun BKS Iyengar, sosok pelatih yoga yang sangat terkenal di dunia. Siapa BKS Iyengar yang ada di Google itu, berikut penjelasannya.

Fakta pertama guru Yoga dunia. BKS Iyengar benama lengkap Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar. Ia adalah pelatih sekaligus guru Yoga modern yang terkenal hingga seluruh duni. Kedua, BKS Iyengar juga adalah pendiri Iyengar Yoga India. Jaringan BKS Iyengar Yoga sudah banyak tersebar di kota besar di dunia. Termasuk di Indonesia berpusat yang di Kemang, Kelapa Gading Jakarta. Tak heran jika BKS Iyengar mendapat seabret penghargaan dunia.

Di halaman utama Google hari ini terdapat animasi pada gambar logo. Sesuai dengan tema, memperingati kelahiran BKS Iyengar, huruf GOOGLE diganti dengan animasi orang yang sedang Yoga. Satu persatu huruf di Google tersebut diganti dengan animasi atau gambar bergerak orang sedang yoga.

Fakta ketiga, semasa hidupnya BKS Iyengar menyempatkan diri menulis berbagai buku tentang praktik yoga dan filosofi. Buku yang terkenal seperti Light on Yoga, Light on Pranayama, dan Light on the Yoga Sutras of Patanjali. Keempat, buku Light on Yoga adalah buku tentang Yoga paling laris dan telah diterjemahkan ke dalam 17 bahasa. Buku Light on Yoga sudah terjual 3 juta copy.

BKS Iyengar Yoga di Google
BKS Iyengar Yoga di Google

Fakta kelima, berkat Yoga BKS Iyengar meraih banyak penghargaa, Ia masuk dalam deretan daftar 100 orang paling berpengaruh didunia versi majalah TIME tahun 2014. Capaian lain BKS Iyengar adalah the Padma Shri tahun 1991, the Padma Bhushan tahun 2002 dan the Padma Vibhushan tahun 2014. Saat ini, olahraga yoga populer di kalangan artis. Namun sebenarnya yoga dapat dilakoni semua kalangan.

Yoga adalah sebuah olahraga yang mengkombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, serta kondisi tubuh yang rileks atau santai pada saat melakukannya. Hal ini membuat banyak selebriti rela menghabiskan uang demi belajar olahraga yoga.

BKS Iyengar lahir 97 tahun lalu tepatnya tanggal 14 Desember 1918. Tahun lalu, ia meninggal dunia tepatnya 20 Agustus 2014.