Manfaat dan Kelas Yoga di BKS Iyengar Indonesia

432 views

Iyengar Yoga Indonesia

Iyengar Yoga Indonesia


JAKARTA,BB – Tak bisa dipungkiri, olahraga yoga menarik minat semua kalangan. Utamanya kalangan artis wanita. Salah satu komunitas Yoga terbaik yang ada adalah Iyengar Yoga yang didirikan Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar alias BKS Iyengar.

Master Yoga ini membangun jaringan yoga ke seluruh dunia. Pria asal India ini juga telah menciptakan buku yang membahas tentang yoga. Di Indonesia ia juga membuat institut yoga bernama Iyengar Indonesia.

Penelusuran beritabulukumba.com, terdapat beberapa centre atau kantor Iyengar yoga di Indonesia. Seperti Kemang Centre – Jl. Kemang Raya No. 18 DKI Jakarta. Kelapa Gading Centre – Kelapa Gading Square (MOI) Ruko MOI Unit L No. 08 Jakarta. Kemudian PIK Centre – Playmax Jl. Pantai Indah kapuk Utara 2 No. 49-52 komplek esplanade Lantai 5 Pantai Indah Kapuk Jakarta dan Meruya Centre – Jl. Lapangan Bola Meruya Ilir, Ruko Belmont No B17, Jakarta Barat.

“Pusat kami adalah satu-satunya pusat yoga sepenuhnya didedikasikan untuk Iyengar Yoga di Jakarta, Indonesia. Semua guru Yoga Iyengar Bersertifikat dan berdedikasi dan selalu terus meningkatkan belajar mereka dengan guru senior kami Riana A Singgih,”tulis BKS Iyengar Indonesia di halaman resminya.

Berikut kelas-kelas yang bisa anda ikuti di BKS Iyengar Indonesia:
LEVEL 1
Belajar dasar-dasar metode Iyengar pada pose berdiri, pose forward bends dan pose twisting Salamba Sarvangasana (shoulderstand) dan postur dasar lainnya. Membangun stamina, keselarasan dan ketenangan.

LEVEL 2
Bagi siswa-siswa, postur ini baik dipraktekkan di Level 1, termasuk Salamba Sarvangasana (shoulderstand). Postur dasar dan Sirsasana (Headstand) diperhalus, full arm balance, backbends diperkenalkan.

LEVEL 3
Bagi siswa yang kuat pelatihan Iyengar yoga dalam postur berdiri, bisa naik ke Urdhva Dhanurasana dan dapat melakukan Sirsasana selama lima menit. Penekanan kelas ini melampaui tindakan fisik asana dasar dan pranayama. Lebih lengkap, asana pranayama dan tindakan halus dalam pose dasar diajarkan, membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi dan koordinasi mental dan fisik.

LEVEL 4
Bagi guru-guru dan siswa-siswa yang telah matang melakukan postur di level 3, yang dapat menahan keseimbangan sirsasana selama 10 menit pada sirsasana 2 dan memiliki latihan diri yang konsisten. Perlu izin dari guru.

YOGA BACKPAIN
Sebuah kelas untuk siswa-siswa yang memiliki backpain konstan. Pelajari cara untuk mengurangi nyeri punggung Anda melalui pose yoga yang sederhana

YOGA PRANATAL
Kelas yang ringan ini dirancang untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri saat kehamilan. Menekankan pada postur yang memperkuat otot-otot panggul dan sistem reproduksi serta menjaga fisik dan mental selama proses kehamilan.

YOGA ANAK
Kelas ini untuk anak-anak 5 tahun ke atas. Kelas-kelas ini dirancang menjadi kelas yang menyenangkan, menarik dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. Melalui kelas ini, anak-anak mendapatkan manfaat seperti menambah kekuatan, fleksibilitas, konsentrasi, kepercayaan diri dan anak-anak membangun karakter untuk dunia yang lebih baik.

YOGA REMAJA
Kelas ini adalah untuk siswa yang berusia 12 tahun ke atas. Kelas ini masih dirancang untuk menjadi kelas yang menyenangkan, mulai belajar meluruskan tubuh yang benar dan presisi perbaikan pose.

PENYEGARAN KEMBALI DENGAN LEMBUT
Sebuah kelas yang lebih sederhana dan tidak begitu kuat. Menekankan pada peremajaan dan pose yang dapat menyegarkan kembali sistem saraf dan meredakan ketegangan kronis.

SCOLIOSIS
Bagi siswa-siswa kelas scoliosis, diperlukan perjanjian terlebih dahulu.

RANGKAIAN KELAS PENGANTAR
Rangkaian 8 kelas-kelas ini untuk menjelaskan kepada para siswa baru tentang metode iyengar dengan postur-postur dasar yoga. Kami mendorong siswa yang tidak memiliki pengalaman di Iyengar Yoga untuk ikut Pengantar Series, yang meletakkan dasar latihan Anda dan mempersiapkan Anda naik ke Level 1. Kursus ini akan menguntungkan Anda di manapun Anda berada. Manfaatnya termasuk peningkatan mobilitas, vitalitas, mengurangi stress dan kecemasan.

1. Fleksibilitas
Gerakan-gerakan yoga dapat membantu meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Seiring waktu, Anda dapat meningkatkan kelenturan paha belakang, punggung, bahu, dan pinggul dengan melakukan yoga secara teratur.

2. Kekuatan
Banyak pose yoga yang mengharuskan Anda untuk mendukung berat tubuh sendiri, termasuk menyeimbangkan tubuh pada satu kaki (seperti dalam Tree Pose) atau mendukung tubuh dengan tangan (seperti dalam pose Downward Facing Dog).

Beberapa latihan mengharuskan Anda untuk berpindah dari satu pose ke pose yang lain yang juga akan meningkatkan kekuatan.

3. Mengembangkan otot
Selain melatih kekuatan tubuh, yoga juga dapat meningkatkan massa otot. Dengan yoga, otot-otot tubuh akan semakin kencang.

4. Mencegah nyeri
Meningkatnya fleksibilitas dan kekuatan tubuh dapat membantu mencegah sakit punggung.

Banyak orang yang menderita sakit punggung karena menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer atau mengemudi mobil.

Yoga dapat melemaskan kembali tulang dan otot yang kaku sehingga mencegah nyeri punggung.

5. Memperlancar pernapasan
Kita umumnya bernapas dengan tarikan dan hembusan napas yang pendek-pendek.

Latihan pernapasan Yoga, yang disebut Pranayama, memberi perhatian pada nafas dan mengajarkan bagaimana kita dapat menggunakan paru-paru untuk meningkatkan taraf kesehatan.

Latihan napas juga dapat membantu membersihkan saluran hidung dan bahkan menenangkan sistem saraf pusat.
Manfaat Mental

Latihan yoga menekankan pada konsentrasi yang dapat memberi pengaruh positif membawa ketenangan pikiran.
1. Ketenangan mental
Yoga juga memiliki teknik meditasi yang bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran.

2. Mengurangi stres
Yoga memiliki manfaat mengurangi stres. Saat berkonsentrasi, masalah sehari-hari, baik besar maupun kecil, akan mencair sehingga Anda akan terbebas dar tekanan stres.

Konsentrasi bisa menjadi sarana relaksasi pikiran yang sangat dibutuhkan oleh pikiran yang sedang stres.

3. Kesiagaan tubuh
Melakukan yoga akan memberikan peningkatan kesadaran dan kesiagaan tubuh. Banyak gerakan halus yoga yang dapat meningkatkan keselarasan.

Seiring waktu, Anda akan lebih nyaman dengan diri sendiri dan membuat Anda lebih percaya diri

BKS Iyengar Kesehatan Yoga