Komponis Musik Klasik Ludwig van Beethoven di Google Doodle Hari Ini

oleh -

Ludwig van Beethoven by Google Doodle
Ludwig van Beethoven by Google Doodle

JAKARTA,BB – Google doodle kembali menghadirkan animasi spesial hari ini, tanggal 17 Desember 2015. Pada halaman depan Google, terlihat adanya animasi kartun yang menggambarkan komponis ternama dalam dunia musik klasik, Ludwig van Beethoven.

Google memberikan apresiasi bagi orang ternama dan memiliki pengaruh penting untuk zaman modern ini. Ludwig van Beethoven merupakan komponis musik klasik dari Jerman. Buah hasil karyanya yang terkenal adalah simfoni ke-lima dan ke-sembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Di hari lahirnya yang ke-245 hari ini turut dimeriahkan oleh kartu animasi ala Google Doodle.

Beethoven lahir di Bonn,Jerman pada 17 Desember 1770. Selain salah satu komponis ternama, Ludwig van Beethoven juga terkenal sebagai tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Sejak masa kanak-kanak hingga remaja telah mampu mengeluarkan bakatnya di seni musik. Alat musik paling digandrungi adalah piano.

Loading...

Sehingga pada masanya tak ada yang bisa menandinginya bermain piano. Bahkan ia digelari pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Sayang pada tahun 1801, ia menderita ketulian. Pada tanggal 29 November 1814, Beethoven sukses menggelar pementasan Fidelio yang akbar. Sebagian besar anggota kongres Wina ikut menonton opera ini. Di luar kesuksesan tersebut, pendengaran Beethoven semakin lama bertambah parah. Hingga pada tahun 1817 mencapai puncaknya yang tak bisa lagi mendengar apa-apa.

Meski tak bisa tampil di depan umum, namun Ludwig van Beethoven terus menciptakan musik di Wina hingga meninggal dunia tanpa menikah. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah. Ia meninggal pada 26 Maret 1827 di Wina, Austria.