Ini Fenomena Alam pada Awal Januari 2016

oleh

MAKASSAR,BB – Awal tahun 2016 diiringi fenomena alam loh. Pada tanggal 3 dan 4 Januari 2016 bakal terjadi hujan meteor di langit sebelah timur.

Jika anda penasaran, masih punya waktu menyaksikan fenomena langka ini pada pukul 02:00 dini hari. Menurut halaman space, fenomena hujan meteor Quadrantic yang mencapai puncaknya pada 3-4 Januari. Dalam setiap jam, kita dapat melihat 40 meteor di langit sbeelah timur.

Loading...

Masih dilansir situs inicez.com dikutip dari laman space.com, fenomena lain di aal tahun baru 2016 berupa kemunculan planet Jupiter setiap petang hingga pukul 23.30 di langit sebelah timur. Keindahan langit juga bakal lebih mengaumkan yang dipenuhi konstelasi bintang-bintang cerah.

Penampakan langit di sisi barat laut akan dihiasi dengan konstelasi kuno bernama Auriga yang namanya berasal dari dewa kawanan kambing di mitologi Yunani. Konstelasi terkenal Pleides juga akan terlihat dengan mata telanjang. Bintang-bintang ini berkumpul tak jauh dari kepala Taurus. Karena berkerumun, mereka tak jarang dipanggil “Tujuh Saudari” karena yang terlihat besar mungkin hanya sebanyak tujuh bintang, namun sebenarnya konstelasi ini berisi ribuan bintang biru dan masih muda berkerumun.

Pada pagi hari Anda mungkin bisa menyaksikan si planet merah mencapai horison sejak pukul 03.00. Ia akan muncul di bagian tenggara di susul Saturnus dan Venus sekira pukul 06.00. Saturnus dan Venus akan sangat dekat dan paling dekat pada 9 Januari mendatang. (space.com)

Loading...