Kajian Pengurangan 1 Juta PNS Tuntas AKhir Januari

oleh

JAKARTA,BB – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sedang mengkaji rencana pengurangan 1 juta PNS. Hasil kajian akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Menteri Menpan RB, Yuddy Chrisnandi mengatakan pengurangan PNS dilakukan untuk efisiensi belanja negara karena dirasakan adanya pemborosan anggaran dalam membiayai PNS. Pengurangan PNS ini akan dilakukan dari PNS tingkat pusat hingga daerah.

Loading...

“Tentunya kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah dan Kementerian Dalam Negeri,” tuturnya. Lebih rinci Menteri Yuddy mengatakan pemangkasan sekitar 1 juta PNS dapat menghemat anggaran sampai Rp 3 triliun sebulan.

Jumlah PNS seluruh Indonesia saat ini berdasar data website Kementerian PAN-RB, mencapai 4,5 juta pada 2013. Mereka melayani 244,8 juta jiwa, sehingga rasionya 1,83 persen. Dua tahun kemudian, menurut Menteri Yuddy, jumlah tersebut melonjak lebih dari 5 juta PNS. Pada Maret tahun lalu, Yuddy melontarkan pernyataan mengkaji penghentian perekrutan PNS selama lima tahun ke depan.

Loading...