Berita bom Jakarta: Kedubes AS bantah kirim surat sebelum ledakan

oleh

JAKARTA,BB – Situs sosial media heboh dengan munculnya surat elektronik atau email dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk warganya. Apa pasal, surat itu berisi info kepada semua warga AS untuk tidak beraktivitas di sekitar Sarinah.

Tentu hal ini membuat geger karena yang beredar adalah surat terbit pada pukul 06:51 atau sebelum ledakan terjadi. Namun, terkait surat itu Kedubes AS di Jakarta melakukan klarifikasi. Kedutaan Besar Amerika Serikat mengeluarkan dua Pemberitahuan Darurat untuk warga negara Amerika Serikat yang tinggal di Indonesia.

Loading...

Pemberitahuan Darurat resmi itu, menurut keterangan resmi mereka, dikirim melalui email, dari jaringan tanggap darurat yang menggunakan cap waktu (time stamp) Greenwich Mean Time (GMT)+7. Wilayah waktu WIB tujuh jam lebih cepat ketimbang GMT. Email-email tersebut, yang dikirim pada 11:44 WIB dan 12:36 WIB, ditujukan kepada warga negara Amerika yang terdaftar dalam jaringan tanggap darurat. Sementara ledakan terjadi pada pukul 10.40 WIB.

“Kami mengucapkan turut belasungkawa kepada para korban serangan keji ini beserta keluarga mereka, dan kami siap membantu mitra-mitra Indonesia kami,”tulis Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake Jr, melalui Twitter.

Loading...