Inspirasi seniman Sophie Taeuber-Arp jadi Google Doodle, Siapa dia?

oleh

JAKARTA,BB – Ulang tahun kelahiran seniman abstrak ternama Sophie Taeuber-Arp diperingati Google, Selasa 19 Januari 2016. Google turut merayakan ultah Sophie Taeuber-Arp ke-127 dengan gambaran Doodle bertema seni abstrak pada halaman utama mesin pencarinya. Siapkah dia?, baca profil dan biodata Sophie Taeuber-Arp sebagai berikut.

Silahkan lihat halaman Google baik Indonesia maupun Google global. Warna warni menghiasi Logo Google. Tentu dengan lukisan abstrak inspirasi Sophie Taeuber-Arp. Huruf Google pun disulap dengan gaya abstrak yang meriah. Jika anda mengelik logo itu maka diarahkan ke pencarian kata kunci “Sophie Taeuber-Arp”.

Loading...

Sophie Taeuber-Arp lahir di Swiss 9 Januari 1889 meninggal dunia pada 13 Januari 1943. Ia merupakan seorang seniman multi talenta. Ia juga dikenal sebagai pelukis, pematung, dan penari. Dialah seniman paling berpengaruh dari abstraksi geometris dari abad ke-20. Lahir di Davos, Swiss, Sophie Henriette Gertrude Taeuber adalah anak kelima dari apoteker Prusia Emil Taeuber dan Sophie Taeuber-Krüsi.

Ayahnya meninggal karena TBC ketika ia berusia dua tahun, setelah keluarganya pindah ke Trogen, di mana ibunya membuka pensiun. Dia mulai studi seninya di tanah airnya, di Sekolah Seni Terapan di St. Gallen (1906-1910). Dia kemudian pindah ke bengkel Wilhelm von Debschitz di Munich, di mana ia belajar pada tahun 1911 dan lagi pada tahun 1913; di antara, ia belajar selama satu tahun di Sekolah Seni dan Kerajinan di Hamburg. Pada tahun 1916, ia menghadiri Laban Sekolah Tari di Zurich, dan di musim panas ia bergabung dengan koloni seniman dari Monte Verita di Ascona; pada tahun 1917, ia menari dengan Mary Wigman dan lain-lain di Festival Sun diselenggarakan oleh Laban di Ascona.

Taeuber-Arp diajarkan tenun dan seni tekstil lainnya di Zurich Sekolah Seni dan Kerajinan dari 1916 ke 1929. Karya tekstil dan grafis nya 1916-1920 adalah salah satu karya konstruktivis, bersama dengan orang-orang dari Piet Mondrian dan Kasimir Malevich. Ini abstraksi geometris canggih mencerminkan pemahaman halus interaksi antara warna dan bentuk.

Biografi singkat:
Lahir: 19 Januari 1889, Davos, Swiss
Meninggal: 13 Januari 1943, Zürich, Swiss
Pasangan: Jean Arp (m. 1922–1943)
Karya seni: Dada Head, Composition, lainnya
Orang tua: Emil Taeuber, Sophie Taeuber-Krüsi

Loading...