Siapakah John Logie Baird, Penemu Televisi yang Diakui Dunia

oleh

JAKARTA,BB – Hari ini doodle Google mengangkat tema ulang tahun visualisasi televisi pertama di dunia. Hari bersejarah saat gambar bergerak untuk pertama kalinya dapat ditonton di layar kaca.

Siapakah penemu televisi itu? Dia adalah ilmuwan asal Skotlandia, John Logie Baird . Karyanya yang gemilang sebagai cikal bakal era televisi. Dari era tv tabung hingga digital sebagaimana di nikmati sekarang. John Logie Baird berhasil menunjukan cara pemancaran gambar-bayangan bergerak di London pada tahun 1925.

Loading...

Selanjutnya berkembang pada visualisasi gambar bergerak monokrom pada tahun 1926. Cakram pemindai yang diciptakan Baird menghasilkan gambar beresolusi 30 baris (cukup untuk memperlihatkan wajah manusia) dari lensa dengan spiral ganda. Demonstrasi oleh Baird ini telah disetujui secara umum oleh dunia sebagai demonstrasi televisi pertama, sekalipun televisi mekanik tidak lagi digunakan.

Lalu pada tahun 1927, Baird juga menemukan sistem rekaman video pertama di dunia, yaitu “Phonovision”. Sistem ini memodulasi sinyal output kamera TV-nya ke dalam kisaran jangkauan audio, dia dapat merekam sinyal tersebut pada cakram audio 10 inches (25 cm) dengan menggunakan teknologi rekaman audio biasa.

John Logie Baird penemu televisi, foto by wikipedia
John Logie Baird penemu televisi, foto by wikipedia

Hanya sedikit rekaman “Phonovision” Baird yang masih ada dan rekaman-rekaman yang masih bertahan tersebut kemudian diterjemahkan dan diproses menjadi gambar yang dapat dilihat pada 1990-an menggunakan teknologi pemrosesan-sinyal digital.

John Logie Baird lahir tanggal 14 Agustus 1888 di Skotlandia. Baird menerima pendidikan di Technical College Royal dan Universitas Glasgow. Baird meninggal dunia pada 14 Juni 1946 di Bexhill-on-Sea, Britania Raya. Terima kasih Baird atas jasa-jasanya…

Loading...