Mengagumkan, Dulu Antena Hidetsus Yagi Digunakan ‘Musuh’ Jepang

oleh

Ini dia profil singkat dan biografi Hidetsus Yagi, orang yang menemukan perangkat antena yang sangat berguna sebelum era digital. Berkat antena Yagi, orang tua dulu banyak terbantu dalam menambah kekuatan penerimaan sinyal pemancar tv. Termasuk juga dalam melempar sinyal dari pemancar.

Sehingga layar kaca tv tampak lebih bersih dan asik untuk ditonton. Nah berikut kami sedikit ulas tentang siapa Hidetsus Yagi yang ada di Google Doodle hari ini, Kamis, 28 Januari 2016. Google memberikan penghargaan kepada

Loading...

Kalau dilihat dari gambar dan animasi Doodle hari ini yang ditampilkan pada Hidetsus Yagi dengan membuat gambar antena di halaman pertamanya. Hari ini tepat pada ulang tahun ke-130 Hidetsugu Yagi. Jika mendengar namanya pasti kita sudah tahu bahwa dia berasal dari Jepang.

Benar, Hidetsus Yagi adalah seorang profesor di Departemen Teknik di Universitas Tohoku, Jepang. Ia giat dalam penelitiantentang gelombang ultrashort. Penemuan pentingnya bahwa gelombang listrik dapat sangat diterima di bawah kondisi tertentu. Bersama Shintaro Uda dari Yagi Laboratorium, ia berhasil membuat antena untuk gelombang ultrashort.

Pada awal penemuannya tak begitu mendapat respon di negaranya. Namun, negara asing mengembangkan hasil penemuan Hidetsus Yagi. Tengok berbagai radar yang dikembangkan menggunakan antena Yagi di Amerika Serikat dan Eropa. Sebuah kisah mengagumkan juga ketika tentara Jepang menduduki Singapura 1942.

Ternyata tentara Jepang menyita perangakat radar dengan teknologi pengembangan antena “Yagi”. Ini menandakan antena Yagi digunakan pihak musuh Jepang kala itu. Bahkan setelah perang, antena yagi merambah ke rumah penduduk semua negara di dunia. Di era digital ini, antena yagi masih juga banyak dgunakan di kota yang menerima siaran tv UHF. Meski sebenarnya siaran digital dan munculnya tv digital membuat antena yagi makin terpuruk.

Loading...