Fakta Unik Georges Perec, Buat Novel 300 Halaman Tanpa Huruf E

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Fakta Unik Georges Perec, Buat Novel 300 Halaman Tanpa Huruf E
Fakta Unik Georges Perec, Buat Novel 300 Halaman Tanpa Huruf E

JAKARTA,BB – Ini dia fakta unik sosok novelis Georges Perec yang menjadi inspirasi Google Doodle 7 Maret 2016. Georges Perec pernah membuat novel tanpa menuliskan kata berhuruf vokal ‘e’.

Ini menjadi ciri khas Georges Perec dalam novelnya berjudul La disparition. Novel yang dirilis tahun 1969 itu menyita perhatian dunia sastra kala itu. Pasalnya, novel yang diproduksi Sophie Diao itu berisi 300 halaman. Hal ini membuat penasaran dan rasa ingin tahu pembacanya.

Pembaca tentunya ingin mengecek langsung isi novel tersebut. Dari berbagai sumber menuliskan alasan novel tanpa huruf e sebagai metafora hilangnya orang tua Perec di Perang Dunia II. Ayah Georges Perec seorang tentara tak pulang dari medan perang. Sedangkan ibu hilang dalam peristiwa Holocaust.

Georges Perec, Doc
Georges Perec, Doc

“Tidak adanya huruf E dalam La disparition adalah ungkapan kehilangan dan ketidaklengkapan Perec tentang masa lalunya,”tulis buku Warren Motte. Hari ini, Google turut merayakan kelahiran Georges Perec. Uniknya juga, huruf e di Google Doodle beranimasi muncul dan hilang. Perec lahir di Paris pada 7 Maret 1936

BACA JUGA:   Ulang Tahun Inge Lehmann Seismolog Denmark Dirayakan Google Doodle

La disparition by Georges Perec
La disparition by Georges Perec

Semasa hidupnya, Georges Perec tak cuma merilis novel La disparition. Karya lainnya yang terkenal seperti La Vie mode d’emploi tahun 1978, Les Revenentes (1972), Un homme qui dort (1967) dan Die Maschine, (1972). Georges Perec meninggal 3 Maret 1982 akibat penyakit kanker yang dideritanya.