Cara Membuat Tepung Warna Festival Holi atau Color Run

Ini dia cara mudah membuat tepung berwarna yang dapat digunakan pada acara festival holi. Sebuah hari raya keagamaan Hindu di India, Nepal, Bangladesh dan negara lain. Bisa juga digunakan pada event gaul seperti colour run, ultah, gerak jalan, konser atau perayaan penamatan sekolah.

Selama ini penamatan paling tren dengan coret baju dengan pewarna permanen. Namun ada baiknya melakukan hal serupa tanpa merusak baju. Salah satunya dengan tabur tepung warna. Ini sudah banyak dilakukan lewat acara colour run.

Namun memang biasanya menggunakan bubuk yang sudah jadi. Namun tepung holi bisa dibuat sendiri. Berikut caranya dan bahan yang dibutuhkan.

Bahan
tepung maizena 1 gelas (atau tepung terigu juga boleh)
setengah gelas air
pewarna makanan (cair)
blender
baskom
sapu tangan
oven (optional)

Cara membuat holi powder:
campur kan air dan tepung maizena ke dalam baskom

Iklan Iklan
lalu aduk aduk hingga merata dan kental. setelah merata dan kental, campur kan pewarna makanan sesuai yang kamu inginkan (semakin banyak semakin gelap warnanya)
diamkan selama 2 hari sampai kering (kelihatan pecah pecah permukaannya kalau kering)
pindahkan ke satu wadah, jangan sampai kecampur warna warnanya yaa. kemudian biar hasilnya lebih bagus bisa dioven dulu sebentar (tidak dioven juga tidak apa-apa asalsudah ebnar-benar kering, dioven bertujuan untuk memastikan kalau itu sudah kering dan tidak ada air airnya)
ambil adonan yang udah mengering itu kemudian masukkan dalam blender (jangan ditambah air, dikira bikin juice! hehe) kemudian nyala kan blender sampai berubah menjadi bubuk bubuk. keluarkan, taruh ke dalam sebuah wadah dan siap untuk dipakai.

Festival Holi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait