Sosok Rifaldy Fajar, Peneliti Muda UNY asal Bulukumba

rifaldy fajar blkSetelah tahun sebelumnya terrpilih sebagai Juara kedua Mahasiswa Berprestasi FMIPA UNY 2015, kini Rifaldy terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama FMIPA UNY 2016. Pria kelahiran Bulukumba, 20 April 1996 tersebut merantau ke Kota Pendidikan dan tercatat sebagai Mahasiswa Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2014.

Mahasiswa Berprestasi adalah Mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Secara umum, kriteria pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah berdasar pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Karya Tulis Ilmiah, Prestasi yang telah diunggulkan, dan Kemampuan Berbahasa Inggris atau Asing.

Alumni SMA Negeri 1 Bulukumba, Sulawesi Selatan ini memang telah menyukai dunia kepenulisan dan riset sejak ia duduk di bangku SMA dan tercata pernah menjadi sekretaris KIR pada saat SMA. Kesehariannya sebagai pengurus dalam organisasi berbasis riset, UKM Penelitian UNY mengharuskan dia untuk terus-menerus mengembangkan potensinya dalam dunia penelitian baik sesuai bidang (Matematika Terapan), maupun diluar bidangnya dengan melakukan kolaborasi sesama rekannya dari berbagai jurusan dan fakultas. Melalui karya tulisnya yang berjudul “Model Matematika dan Analisa Kestabilan Pada penyebaran Infkesi HIV-AIDS dari Ibu ke Anak Melalui ASI dengan Kompartemen Populasi Susceptible-Infective-AIDS Cases”, menghantarkannya sebagai Mahasiswa Berprestasi FMIPA UNY 2016.

Dari segi rekam jejak, Rifaldy telah menghasilkan beberapa karya tulis ilmiah dan penelitian yang diantaranya telah meraih beberapa penghargaan. Untuk pencapaian internasional, diantaranya adalah Medali Emas untuk Bidang Kesehatan

Iklan Iklan
dan Matematika Terapan dalam The Egyptian International Invention and Innovation Exhibiton (EGYPTINVENT) di Mesir, Medali Emas untuk Bidang Agriculture, Health and Renewable Energy, dalam The 3rd International Youth Invention Contest (IYIC) di Seoul, Korea Selatan, Medali Emas untuk Bidang Transportasi dalam The 3rd International Innovation and Invention Competition (IIIC) di Taiwan, Medali Perunggu untuk Bidang Agriculture, Health and Renewable Energy dalam The 2nd International Young Inventor Award (IYIA) di Jakarta, dan Medali Perunggu untuk Bidang Social Sciences dalam The 6th International Engineering Invention and Innovation Exhibition (I-ENVEX) di Perlis, Malaysia. Selain itu, Rifaldy meraih Best Presentation untuk Bidang Kesehatan dalam The Egyptian International Invention and Innovation Exhibiton (EGYPTINVENT) di Mesir dan pernah tercatat sebagai Delegates in OAS (Organitation of American States) Committee dalam Nanyang Technological University Model of United Nations (NTU MUN) atau Simulasi Sidang PBB di Singapura.

Selain prestasi internasional, berbagai event karya tulis ilmiah tingkat nasional juga berhasil meraih penghargaan diantaranya adalah Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Public Health Youth Event (PHYE) di Universitas Sriwijaya, Palembang, Juara 2 Lomba Esai Matematika Mahasiswa Nasional dalam “Matematika Fair” di Universitas Negeri Medan, Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Dream Apel Gaung Karya Mahasiswa Bidikmisi di Universitas Airlangga Surabaya dan lain sebagainya.

Kini Rifaldy sedang mempersiapkan diri untuk Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas bersama kandidat pemenang dari masing-masing fakultas di UNY pada April mendatang.

Rifaldy Fajar

Penulis: 
    author

    Posting Terkait