Petualang Temukan Gua Ceddang, Wisata Baru di Bulukumba

  • Whatsapp

Gua Ceddang Bulukumba, foto ist
Gua Ceddang Bulukumba, foto ist

BULUKUMBA,BB – Gua terdalam dan terpanjang ditemukan di Kabupaten Bulukumba. Penelusur gua amatir yang tergabung dari beberapa kelompok yakni Kucang Pustaka, Simpul Merah, Srikadi Bulukumba, dan Mahasiswi UIN Alauddin yang dipandu oleh Anjas pemudah desa sekaligus juru kunci gua Ceddang. Gua yang terletak di Dusun Elle’e, Desa Bontomanggiring ini terletak di atas batu karang sekitar dua kilometer dari pemukiman penduduk ini memiliki mulut gua yang berdiameter kurang dari satu meter dan ditumbuhi ilalang.

Saat Tim berada di tempat, pemiliki kebun letak mulut gua mengatakan gua ini tidak pernah dimasuki oleh orang luar kecuali pemuda desa yang pemberani dan pencari kotoran kelelawar. Saat memasuki mulut gua yang sempit kita akan bertemu penghuni gua yakni kelelawar yang beterbangan di langit-langit gua dan turun melewati bebatuan keras yang licin dengan kemiringan 60 derajat dengan lorong sempit. Saat menuruni gua sekitar 40 meter kita akan mendapatkan lantai gua yang penuh dengan kotoran kelelawar.

BACA JUGA:   Ini Teks Sumpah Pemuda, Ejaan Lama dan EYD

Saat berjalan kedepan kita perlahan-lahan melewati lorong gua yang tergenang air setinggi mata kaki dan semakin dalam berjalan air semakin dalam. Masuk lebih dalam kita akan mendapatkan jalan yang berkelok-kelok dan cabang gua. Saat berjalan masuk, langit-langit gua semakin rendah sehingga kita harus berjalan sedikit jongkok dan menjaga kepala dari stalagtit pada langit-langit gua yang terus meneteskan air, di gua ini bukan hanya terdapat banyak kelelawar tapi pada lantai gua yang tergenang air banyak terdapat kerang dan udang kecil.

Gua Ceddang Bulukumba by Ist
Gua Ceddang Bulukumba by Ist

Gua yang sangat gelap ini menurut warga pemilik lahan memiliki banyak tembusan salah satunya berada di sungai, pernah saat penduduk setempat memancing santer dikejutkan dengan kepala manusia yang tiba-tiba muncul dari bawah sungai yang menurut pengakuan kepala itu adalah kepala pemuda yang memasuki gua dan menemukan ujung gua di sungai, ini dibuktikan aliran air yang telur mengalir keluar. Setelah berjalan masuk lebih jauh dari yang kedua kalinya dikarenakan sebelumnya salah satu anggota tim mengalami pusing kami memutuskan untuk kembali dikarenakan jalan yang tertutup air semakin dalam sampai pinggang orang dewasa dan minimnya peralatan yang digunakan.

BACA JUGA:   Abi Sidrap dan Janwar Sinjai Saling Sikat di 4 Besar KDI 2018

Gua yang sangat jarang dimasuki ini sangat cocok bagi mereka pecinta susur gua (caving) dan bagi mereka yang suka tantangan dan sampai saat ini masih menjadi gua yang terdalam dan terpanjang yang telah dieksplorasi oleh Zulengka Tangallilia dari gua lainnya yang diketahui. Tidak jauh dari Gua Ceddang, terdapat gua Vertikal dengan mulut gua berdiameter 20 meter dan kedalamanya 30 meter belum dieksplorasi sama sekali dikarenakan bau kotoran kelelawar dan tali yang Tim bawah tidak mencapai lantai dasar gua.

Tentang Penulis:
Zulengka Tangallilia, Pecinta Sejarah dan gemar mengunjjungi tempat unik dan belum terjamah manusia sekaligus pengelolah Rumah Baca SIMPUL MERAH di Kabupaten Bulukumba.
(HP: 085213907828)

BACA JUGA:   Ini Klasemen Sementara Sepak Bola Sea Games 2015 di Grup A dan B, Kamis 4 Juni 2015

Pos terkait