Ultah ke-100 Tahun Jurnalis Perempuan Jane Jacob Dirayakan Google

  • Whatsapp

Ultah Jurnalis Perempuan Jane Jacob Dirayakan Google Doodle
NEW YORK,BB – Ulang tahun ke-100 Jane Jacob, seorang jurnalis, aktivis sekaligus penulis dirayakan Google Doodle Rabu hari ini, 4 Mei 2016. Siapa sosok Jane Jacob?, berikut profil dan biodata singkatnya.

Google sebagai raksasa mesin pencari terus memberikan penghargaan lewat doodle bagi orang berjasa. Kali ini doodle Google mengangkat tema dan fakta tentang Jane Jacobs. Wajah Jane Jacobs pun menghiasi logo Google. Ia adalah jurnalis berkebangsaan USA-Kanada. Ia meninggal 10 tahun lalu, tepatnya 25 April 2016.

Pendidikan formal Jane Jacobs diraih di Columbia University. Selain jurnalis Ia juga adalah seorang aktivis. Ia berjuang memperbaiki nasib kaum urban yang sering mengalami tekanan dan terpinggirkan akibat kemajuan industri. Rockefeller Foundation menghadiahkan penghargaan khusus kepada siapa saja yang berjasa dalam desain urban dengan memakai namanya yakni Jacobs Medal.

BACA JUGA:   Highlights video hasil timnas senior Indonesia vs Laos skor akhir 5-1

Jane Jacobs kini disebut sebagai salah satu tokoh yang berjasa atas pemikiran khususnya tentang masyarakat urban di New York. Ia juga menelurkan karya tulis monumental, diantaranya The Nature of Economies, Dark Age Ahead, Cities and the Wealth of Nations dan paling banyak dibaca Systems of Survival, buku yang secara membahas relativitas moral yang terjadi dalam masyarakat urban. Jane Jacobs bahkan menyebutnya sebagai Sindrom Moral, sebua situasi dimana orang-orang suka memakai standar ganda dalam menilai perilaku manusia.

Jane Jacobs dikenal sebagai salah satu perempuan berpengaruh dalam sejarah Amerika dan dunia. Berikut profil dan biografi singkatnya:

Lahir: 4 Mei 1916, Scranton, Pennsylvania, Amerika
Meninggal: 25 April 2006, Toronto, Kanada
Pendidikan: Universitas Columbia
Orang tua: John Decker Butzner, Bess Robison Butzner
Nominasi: Penghargaan Buku Nasional untuk Non-Fiksi

BACA JUGA:   Jadi Kurir Narkoba, Ibu Paruh Baya Ini Diciduk Polres Bulukumba

Pos terkait