Info Ramadhan 2016: Hikmah dan Manfaat Puasa

BULUKUMBA,BB – Umat muslim seantero dunia sebentar lagi menunaikan ibadah puasa. Setiap bulan Ramadhan tahun Hijriyah, kaum muslim diwajibkan berpuasa sebagaimana diperintahkan dalam Al Quran.

Manfaat dan Hikmah Puasa Ibadah puasa yang disyariatkan dan diwajibkan oleh Allah ta’ala atas hamba-hamba-Nya memiliki hikmah yang agung dan manfaat yang banyak. Berikut hikmah dan manfaat puasa Ramadhan sebagai mana dilansir dari situs Wahdah Islamiyah.

1.Ia merupakan ibadah yang dilakukan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Rabbnya dengan cara meninggalkan perkara yang ia sukai dan gemari secara fitrah, berupa makan, minum, ataupun berhubungan suami istri, semua itu ia tinggalkan demi meraih ridha Rabbnya dan mendapatkan surga-Nya. Dengan ibadah ini, jelaslah bahwa seorang hamba yang berpuasa ternyata lebih memprioritaskan kecintaan Allah ta’ala daripada kecintaan dirinya, dan juga lebih mementingkan kampung akhirat daripada kampung dunia.

BACA JUGA:   Jelang Ramadhan Visey Rilis Lagu Religi 2015 "Ridhoi Aku"

2.Ia merupakan ibadah yang menjadi faktor adanya taqwa dalam diri seorang hamba bila ia melaksanakan kewajiban-kewajiban puasa secara sempurna, sebagaimana dalam firman-Nya: يَآ اَيُّهَا الَّذِ يْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى اَّلذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”. (QS.Al Baqarah : 183) Jadi, orang yang berpuasa sangat diperintahkan untuk mewujudkan sifat taqwa ini dalam dirinya, yaitu dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya, dan inilah tujuan utama dari ibadah puasa, dan bukan bermaksud untuk menyiksa orang puasa dengan memaksanya meninggalkan makan, minum dan berhubungan suami istri. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda: مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالعَمَلَ بِهِ وَالجَهْلَ فَلَيْسَ للهِ حَاجَةٌ أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ artinya: “Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapapan dusta, perbuatan dusta dan perbuatan maksiat, maka Allah tidak perduli dengan ia meninggalkan makan dan minumnya “.(HR. Bukari)

BACA JUGA:   Cara Mengganti Puasa Ramadhan Karena Berhubungan Intim

3.Dengan berpuasa, seorang yang kaya akan tahu kadar nikmat Allah yang dianugerahkan atasnya, yang mana Allah telah memudahkan baginya untuk mendapatkan apa-apa yang ia inginkan, berupa makan, minum, atau berhubungan suami istri yang dibolehkan Allah secara syar’i. Dengan puasa ini, ia akan bersyukur kepada Rabbnya akan adanya nikmat dan karunia ini, dan mengingat saudara-saudaranya yang miskin yang mana mereka sangat sulit untuk mendapatkan nikmat dan karunia seperti dirinya, sehingga iapun tergerak untuk memberikan mereka sedekah dan harta yang ia miliki.

Iklan Iklan

4.Puasa melatih diri untuk membatasi jiwa (dari syahwat) dan menguasainya agar ia bisa mengontrol dan mengarahkan jiwanya pada amalan yang berbuah kebaikan dan kebahagiaan didunia dan akhirat, serta membuat dirinya terjauhkan dari sifat binatang yang tidak bisa mengontrol dan menahan dirinya dari hawa nafsu.

BACA JUGA:   Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1437 Hijriyah 2016 di Kabupaten Bulukumba Sulsel

5.Puasa bisa membuat seseorang sehat jasmani dikarenakan sikap tidak banyak makan, mengistrahatkan kerja system pencernaan dalam jeda waktu tertentu, dan keluarnya semua tinja dan kotoran yang berbahaya bagi tubuh dari dalam perut. (Dinukil dari Kitab Syaikh Ibnu Al-‘Utsaimin rahimahullah: Fushuul Fi Al-Shiyaam). Oleh Ustad Maulana La Eda, Lc. Hafizhahullah

Sumber: http://wahdah.or.id/manfaat-dan-hikmah-puasa/

Ramadhan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait