Heboh di FB, Naskah Lontara Kuno Berisi Sejarah Islam di Bulukumba

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Warga Bulukumba dihebohkan dengan temuan naskah aksara bugis, Lontara, yang menjelaskan sejarah masuknya Islam ke Bulukumba khususnya wilayah selatan. Naskah ini diunggah oleh Zulengka Tangallilia, salah seorang pemerhati sejarah Bulukumba.

Pada akun sosial media miliknya, Zulengka Tangallilia mengunggah foto naskah tersebut. Sejarah masuknya Islam ini ditulis oleh K.H.Ahmad Bone pada tahun 1340 Hijriyah. “Menurut sang pewaris Naskah ini, Naskah ini merupakan ilmu yang diwarisi sang Penulis naskah di Arab selama sebelas tahun. Selain itu juga singgah di Singapur dan Sumatera dahulu,”tulis pengelola Rumah Baca SIMPUL MERAH Bulukumba ini.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Host DA3 Indosiar Berkostum Lontara, Ada Gambar Sultan Hasanuddin

Naskah lontara itu menurut Zulengka Tangallilia segera diteliti. Beberapa netizen turut memberikan komentar. “Huruf lontara yg digunakn, kalau lontara sulapa (dg pamatte) berarti sktr abad XVI. Kalau lontara jangang2 yg mirip aksara sansekerta (karng pattingaloang) adanya pd abad VI – X,”tulis Syam Asrib.

Seperti diketahui, sejarah saat ini mencatat Islam masuk ke Kabupaten Bulukumba pada abad ke-16 tepatnya tahun 1604 Masehi. Adalah Al Maulana Khatib Bungsu atau Dato Tiro yang disebut sebagai penyebar Islam pertama kala itu.

(Foto doc Zulengka Tangallilia)

Pos terkait