Pengumuman Hasil UN SMP 2016 via Online Disdik Bukan Kemendikbud

oleh

Pengumuman Hasil UN SMP 2016 by Kemendikbud RI
Pengumuman Hasil UN SMP 2016 by Kemendikbud RI

JAKARTA,BB – Hasil ujian nasional (UN) tingkat SMP sederajat diumumkan hari ini Sabtu 11 Juni 2016. Hanya saja hasil UN SMP 2016 diumumkan lewat online sekolah masing-masing.

Hal ini membuat bingung sejumlah peserta karena maraknya info pengumuman via situs resmi Kemendikbud. Berdasar penelusuran BeritaBulukumba.COM, situs kemendikbud Sabtu pagi 11 Juni, tak merilis info tentang pengumuman UN SMP. Sementara sejumlah sekolah sudah merilis hasil UN SMP melalui website resmi sekolah.

Info ini juga dimuat pada laman website Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkab terkait. Seperti Disdik Kota Pangkal Pinang, Kota Jakarta, Kota Makassar, Bandung, Surabaya dan lainnya. Beberapa website sekolah juga dilaporkan tumbang hari ini karena banyaknya visitor. “Website Disdik Jakarta tidak dapat di akses untuk lihat hasil UN SMP,”keluh Adhi Triono di Twitter saat membuka laman Disdik DKI Jakarta. Baca Website resmi Disdik Jakarta Error, halaman dialihkan ke sini.

BACA JUGA:   Besok Pengumuman Hasil Kelulusan UN SMA 2016, Semoga Lulus!

UN SMP tahun 2016 diikuti sejumlah 4.372.872 siswa dan 60.067 satuan pendidikan. Sebanyak 72 persen sekolah mengalami peningkatan IIUN, dibandingkan dengan tahun lalu. Nilai rerata nasional UN 2016 adalah sebesar 58,57 untuk SMP, 59,06 untuk MTs, dan untuk 48,36 SMP Terbuka.

Urutan daerah dengan kenaikan IIUN tertinggi adalah Sulawesi Barat, Sumatera Selatan di peringkat kedua, diikuti Sulawesi Utara, Aceh, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Sumatera Utara. Sedangkan, daerah dengan nilai IIUN tertinggi tahun ini adalah DI Yogyakarta, diikuti oleh DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau.