Selain Penemu Golongan Darah, Karl Landsteiner Juga Ilmuwan Virus Polio

Advertisement

Karl Landsteiner Penemu Golongan darah dan virus polio
Karl Landsteiner Penemu Golongan darah dan virus polio

JAKARTA,BB – Untungnya ilmuwan Karl Landsteiner menemukan golongan darah. Sehingga sangat berguna dalam dunia kesehatan khususnya transfusi darah.

Sebelum melakukan perpindahan darah, maka perlu mengetahui golongan darah pasien dan pendonor. Sehingga adanya pengelompokan golongan darah ini lebih memudahkan dalam menemukan darah yang sesuai.

Tak heran jika Google hari ini 14 Juni 2016 menurunkan tema doodle tentang sosok Karl Landsteiner. Hari ini adalah hari ulang tahunnya dan dijadikan animasi di halaman utama Google. Ia pun tampil dengan setelan seragam laboratorium mengingatkan pengguna bahwa Karl Landsteiner ultah ke-148 hari ini.

Tahukah Anda bahwa Karl Landsteiner juga ikut menemukan virus polio. Dia bersama Constantin Levaditi dan Erwin Popper menemukan virus polio di tahun 1909, menurut laporan nobelprize.org. Berkat prestasi itu, Karl Landsteiner menerima banyak penghargaan seperti nobel prize di bidang fisiologi pada 1930 dan Lasker Award pada 1946.

Penghargaan paling berkesan adalah hadiah masyarakat yang menyebutnya sebagai bapak transfusi.

Advertisement

Advertisement

*Disclaimer: 
Informasi dalam website ini disediakan hanya untuk tujuan informasi umum, bukan saran keuangan atau investasi. Pembaca bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan mereka. Selalu lakukan riset mandiri sebelum membuat keputusan terkait keuangan Anda.

Komentar