Pekerja Mengamuk dan Membakar Konsulat RI Jeddah

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JEDDAH,BB – Sebuah kerusuhan terjadi di Konsulat Jendral RI Jeddah Arab Saudi Minggu 9 Juni 2013 waktu setempat.

Menurut media lokal Arabnew.com, ribuan pekerja Indonesia di Jeddah, Arab Saudi tiba-tiba diberitakan mengamuk dan membakar beragam perkakas di pintu masuk konsulat.

Bacaan Lainnya

Mereka juga tampak berusaha menerobos untuk melakukan pembakaran gedung. Aksi tersebut dipicu kemarahan atas proses dokumen perjalanan.

“Kami masih memeriksa apakah ada korban atau berapa banyak pekerja terluka,” kata Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Gatot Abdullah Mansyur seperti dilansir Arab News.

Pada Sabtu 8 Juni lalu sejumlah pekerja perempuan Indonesia “menyerbu” konsulat untuk mendapatkan dokumen perjalanan. Tiga perempuan terluka dan pingsan.

BACA JUGA:   Video Amatir Kerusuhan KJRI Jeddah Arab Saudi
Kerusuhan KJRI Jeddah, credit Riyadconnect.com
Kerusuhan KJRI Jeddah, credit Riyadconnect.com

Para pekerja Indonesia di Arab Saudi yang tak memiliki izin bekerja, punya tenggat waktu hingga 3 Juli 2013 untuk “melegalkan” keberadaan dan aktivitas mereka.

Dokumen yang harus dipastikan mereka miliki adalah visa kerja. Pekerja kemudian meluapkan kemarahan karena menilai pihak Konsulat lamban dalam menyelesaikan pengurusan visa.

Semua pegawai Konsulat dilaporkan Arabnews.com dalam kondisi aman dalam kejadian ini. Sementara media Austrlia menyebut seorang TKI Perempuan meninggal saat kerusuhan.

Kerusuhan KJRI Jeddah, riyadhconnect.com

Laporan: CR18/Ihwan/Muis

Pos terkait