Besok, EMAS Bahas Upaya Keselamatan Ibu Hamil dan Anak di Bulukumba

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

BULUKUMBA,BB – Program Expansion of maternal and Neonatal Survival (EMAS) Kementerian Kesehatan RI kembali menggelar pertemuan lanjutan guna membahas peningkatan keselamatan ibu hamil dan bayi di Bulukumba, Sulsel. Kegiatan yang bertujuan untuk menurunkan AKI dan AKN secara nasional itu berlangsung di Bulukumba dan lima daerah lain di Sulsel Kamis 23 Juni 2016.

Menurut District Team Leader Program EMAS Usaid, Nawir Sikki, pertemuan kali ini membahas pencanangan keberlanjutan gerakan penyelamatan ibu bersalin dan baayi baru lahir di Kabupaten Bulukumba. Peserta Program EMAS akan dihadiri sejumlah stakeholder seperti Kepala Dinas Provinsi Sulsel, Tim USAID EMAS, Bupati, Wabup, Ketua DPRD, Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba, Kepala Puskesmas dan pihak terkait.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Foto Rafathar Malik Ahmad, Nama Bayi Raffi Ahmad

“Pertemuan ini juga Untuk memberikan pengukuhan kepada seluruh mentor (pendamping) replika dan perluasan program yang dibahas,” ujarnya. Seperti tujuan pembentukan program EMAS yang berjangka waktu lima tahun yakni 2012- 2016 untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) sebesar 25 persen. Melalui pendekatan klinis dan penguatan sistem rujukan yang efektif dan efisien di rumah sakit dan puskesmas.

“Kami berharap kegiatan ini nantinya menyatukan stakeholder terkait untuk bersama-sama mendukung strategi keberlanjutan dalam upaya penyelamatan ibu bersalin dan bayi baru lahir di Bulukumba,”ungkapnya. kegiatan ini digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba mulai pukul 8:30 WIB hingga 12:00 WITA. (ASM/PR)