Hasil SBMPTN 2016 Diumumkan, Lakukan Verifikasi Bidikmisi atau UKT Jika Lulus

Lulus sbmptnPengumuman hasil SBMPTN 2016 digelar hari ini Selasa 28 Juni 2016. Sesuai jadwal kelulusan mulai dapat diakses melalui website resmi sbmptn.ac.id pukul 14:00 WIB.

Jika anda dinyatakan lulus maka melakukan tahap verifikasi SBMPTN 2016. Tahap verifikasi ini bertujuan untuk mengonfirmasikan bahwa kamu memang ingin mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa di universitas pilihanmu. Selain itu, proses verifikasi juga untuk menentukan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) selama perkuliahan.

Kurang lebih sama seperti alur verifikasi SNMPTN, setidaknya ada dua tahap verifikasi bagi lulusan SBMPTN yakni Verifikasi Bidikmisi dan Verifikasi UKT.

1. Verifikasi Bidikmisi
Peserta SBMPTN yang mendaftarkan diri ke Bidikmisi harus melewati verifikasi ini agar universitas dapat menilai kelayakannya. Proses verifikasi Bidikmisi akan dilakukan di gedung fakultas pilihan peserta SBMPTN. Jika tidak layak menerima Bidikmisi maka pengajuan beasiswanya akan ditolak. Sebaliknya, bagi peserta SBMPTN yang dinilai layak menerima bantuan maka biaya UKT-nya dapat dihapuskan atau dikurangi dengan bantuan Bidikmisinya tersebut.

Dokumen yang perlu dipersiapkan untuk melakukan verifikasi Bidikmisi adalah: Fotokopi Kartu Tanda Siswa.
Fotokopi Kartu Tanda Bidikmisi 2016.
Fotokopi

Iklan Iklan
Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Indonesia Sejahtera (KIS). Fotokopi sertifikat prestasi lomba/kejuaraan selama masa sekolah, jika tersedia. Surat keterangan peringkat selama semester 1­–5. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan. Pas foto berwarna berukuran 4×6 cm sebanyak tiga lembar. Foto keluarga yang digunakan saat pendaftaran. Formulir pendaftaran Bidikmisi sebanyak satu lembar. Rekening listrik atau bukti bayar token listrik selama tiga bulan terakhir. Website: bidikmisi.dikti.go.id

2. Verifikasi UKT (Uang Kuliah Tunggal)

Verifikasi SBMPTN berlanjut ke proses menentukan biaya UKT yang perlu kamu bayar selama perkuliahan. Silakan pelajari apa itu UKT (Uang Kuliah Tunggal) bagi yang belum mengerti. Universitas menentukan UKT berdasarkan beberapa variabel, salah satunya adalah kondisi ekonomi orangtua/wali calon mahasiswa. Setidaknya ada tiga dokumen yang perlu disiapkan saat verifikasi UKT:

Data pribadi calon mahasiswa.
Data pribadi orangtua/wali dan keterangan pendapatannya.
Data kepemilikan rumah, kendaraan dan tagihan listrik. Peserta dapat melakukan verifikasi ke perguruan tinggi yang dilulusi untuk mendaftar ulang.

SBMPTN

Penulis: 
    author

    Posting Terkait