Takaran Jumlah Uang untuk Zakat Fitrah 2016 Rp28 Ribu Satu Orang

oleh

Ilustrasi
Ilustrasi
Berapa sebenarnya jumlah uang yang dibayarkan untuk membayar zakat fitrah tahun 1437 Hijriyah atau 2016 Masehi?. Zakat Fitrah pada umumnya wajib dikeluarkan setiap muslim.

Adapun takaran zakat fitrah sebesar 3,5 liter beras (makanan pokok) atau 2,7 kilogram. Jumlah kadar zakat fitrah jika diuangkan sama dengan harga bahan pokok di pasaran. Hal ini membuat kadar zakat fitrah berbeda-beda setiap daerah bahkan negara.

Loading...

Di Bulukumba, Kemenag sudah menetapkan kadar zakat fitrah jika makanan pokok beras adalah Rp28 ribu. “Kadar zakat fitrah di Bulukumba Rp28 ribu. Ini harga berdasar data dinas Perindustrian dan Perdagangan,”kata Muh Yunus, Kepala Tata Usaha (KTU) saat dihubungi BeritaBulukumba.COM, Kamis 30 Juni 2016.

Lebih jauh M Yunus mengatakan bahwa kadar untuk makanan pokok jagung sebesar Rp21 ribu. Jika ingin mengeluarkan zakat dapat menghubungi panitia zakat di masjid terdekat. Bagaimana jika Anda di luar Bulukumba? Untuk menghitung kadar zakat fitrah maka harus mengetahui harga beras perliter di daerah Anda. Kemudian dikalikan dengan besaran zakat 3,5 liter.

Loading...