Buang Aplikasi BlackBerry Gratis Anda, Atau..?

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BBPengguna Blackberry kini bisa membeli aplikasi pro di App World mengunakan pulsa. Mau tau caranya?

Anda pengguna ponsel cerdas atau bahasa kerennya smartphone  BlackBerry? Jika ya, artinya anda sering men-download aplikasi gratis di BlackBerry  App World.

Bacaan Lainnya

Pasalnya di App World tersebut pengguna BlackBerry bisa menambah koleksi aplikasi handset sesuai keinginan kita. Bisa berupa game, tema, aplikasi chat ataupun situs-situs internet.  Untuk mendapatkan aplikasi ini pun memiliki dua metode yakni berbayar atau download  gratis.

Memang cara paling banyak dilakukan adalah men-download aplikasi gratis. Tak sedikit  dari pengembang (developer) membuat aplikasinya dua versi yakni versi gratis dan berbayar. Beruntung situs jejaring sosial dan chat populer seperti Facebook, Twitter, WhatsApp atau BlackBerry Messanger (BBM) membagikan aplikasi BlackBerry-nya secara cuma-cuma.

BACA JUGA:   Blackberry 10 Bakal Rilis Aplikasi Free Live TV

Pengembang lain juga membagi aplikasinya secara gratis namun ada konsekuensi yang  harus diterima pengguna. Sebagai contoh anda men-download aplikasi gratis dari Screen  Muncher. Pastinya, setiap melakukan foto layar (screen grab) akan muncul tulisan  Screen Muncher (disebut Watermark, red) dipojok kanan bawah hasil foto layar. Belum lagi fitur lain seperti mengubah suara dan mengganti warna yang tidak bisa dilakukan.

Untuk mendapatkan semua fasilitas atau fitur Screen Muncher, pengguna BlackBerry  diharuskan membeli aplikasi Full Version yang harganya U$1.5 atau sekira Rp 15 Ribu.

Pada awalnya Aplikasi BlackBerry berbayar hanya bisa didapatkan dengan metode  pembayaran menggunakan kartu kredit ataupun Paypal. Hal inilah membuat pengguna  BlackBerry di Indonesia kurang meminati aplikasi berbayar tersebut. Untuk mendapatkan  kartu kredit atau paypal sangat susah. Belum lagi dengan ketakutan pengguna  berbelanja secara online memakai kartu kredit.

Sekarang BlackBerry dan operator GSM sudah memanjakan pengguna BlackBerry khususnya  untuk memudahkan mendownload aplikasi berbayar. Anda sudah bisa mendapatkan aplikasi  berbayar dengan menggunakan metode pembayaran pulsa. Pulsa anda terpotong sesuai  harga aplikasi yang dibeli. Selain Operator Indosat dan XL, tahun 2013 ini pengguna  Telkomsel juga sudah bisa mendownload aplikasi berbayar di BlackBerry App World  menggunakan pulsa.

BACA JUGA:   Ini Daftar Harga Resmi BlackBerry di Bulukumba

Lalu bagaimana caranya? Silahkan masuk ke Opsi (masuk di Option, jika menggunakan  Bahasa Inggris), lalu buka Perangkat (Device) dan selanjutnya pilih Pembayaran dan  Penagihan (Payment & Bill). Masukkan email BlackBerry Id dan Password jika diminta  verifikasi id.  Setelah itu muncul opsi metode pembayaran. Centanglah opsi Tagih  Melalui Telkomsel (Bill Through Telkomsel) terus klik Berikutnya (Next) dan Selesai. Akan ada pemberitahuan bahwa anda sudah bisa membeli aplikasi APP World. Masuklah di App World dan berbelanja aplikasi kesukaan anda. Pastikan pulsa anda mencukupi untuk membeli aplikasi.

Untuk melakukan settingan atau perubahan Metode Pembayaran, anda juga bisa langsung masuk ke BlackBerry App World lalu pilih My Account. Pilih Payment Options, Masukkan email BlackBerry Id dan Password jika diminta verifikasi id.  Setelah itu muncul opsi metode pembayaran. Centanglah opsi Tagih Melalui Telkomsel (Bill Through Telkomsel) atau pilih metode lain yakni Kartu Kredit/Paypal terus klik Berikutnya (Next) dan Selesai.

BACA JUGA:   Spesifikasi BlackBerry Z00 A10 Bocor

Apa keuntungan menggunakan aplikasi berbayar?
Menggunakan aplikasi berbayar atau pro version lebih aman karena tidak ada iklan terselubung dari pihak pengembang. Sehingga tidak mempengaruhi kinerja loading data BlackBerry anda. Kadang aplikasi BlackBerry gratis memiliki iklan gambar di pojok atas atau bawah aplikasi. Sehingga menguras lalulintas data paket BlackBerry anda. Hal ini kadang membuat kinerja Blackberry tidak maksimal bahkan bikin BB anda hang atau lagi macet.

Terpenting adalah kepuasan. Menggunakan aplikasi full version memiliki kepuasan tersendiri. Bagaimana pilih Aplikasi BlackBerry gratis atau full version?

Laporan: Jabbar Bahring

Pos terkait