Insya Allah, Muhammadiyah Pemerintah Lebaran Idul Fitri Bersamaan 6 Juli 2016

oleh

dato tiroHari Raya Idul Fitri atau biasa disebut lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah sebentar lagi tiba. Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa 1 Syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2016.

Lalu kapan Hari Raya Idul Fitri 2016 menurut pemerintah?. Jika tak ada halangan ormas Islam, Majelis Ulama Indonesia dan Kemenag baru menentukan Hari Raya Idul Fitri pada Seni 4 Juli 2016. Ormas NU sebelum sidang isbat lebih dulu melakukan pantauan hilal di sejumlah daerah di Indonesia. Hasil sidang isbat akan disampaikan kepada seluruh umat muslim di Indonesia. “Kita berharap sidang isbat berjalan lancar untuk penetapan 1 Syawal 1437 H,”kata Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin.

Apakah lebaran Idul Fitri pada tanggal 5 Juli atau 6 Juli 2016 yang bersamaan dengan Muhammadiyah?. Kemungkinan besar Hari raya

Iklan
Idul Fitri bersamaan semua ormas islam besar di Indonesia. Hal itu berdasar prediksi Lembaga Rukyatul Hilal Indonesia (RHI). Data dari Markas Nasional di Pos Observasi Bulan (POB) Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat menunjukkan Ijtimak/konjungsi Bulan-Matahari terjadi pada Senin, 4 Juli 2016 pukul 18:02 WIB, Matahari terbenam pada pukul 17:50 WIB.

Saat itu posisi hilal 01°12′ di bawah ufuk mar’i atau ‘visible horizon’. Pada kondisi ini jelas hilal mustahil dirukyat. Namun demikian pemerintah tetap akan menyelenggarakan prosesi rukyatul hilal sebagai bentuk layanan terhadap masyarakat yang mengamalkan rukyatul hilal sebagai bagian dari fardu kifayah termasuk tetap diselenggarakannya Sidang Isbat.

Seperti diketahui, awal Ramadhan 1437 H bersamaan oleh ormas besar Muhammadiyah dan NU. Prediksi dan data yang akurat oleh RHI sebelum sidang isbat juga tak melenceng saat itu. Semoga umat islam di Indonesia merayakan lebaran bersamaan. Amin…

Iklan