Presiden SBY: Jangan Rakus, Ingat Anak Cucu

oleh

Jakarta,BB – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan agar selalu menghemat sumber daya alam pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Istana Negara, Senin 10 Juni 2013.

SBY yang didampingi Ibu Negara Hj Ani Yudhoyono Di Indonesia memperingati hari tersebut dengan tema ‘Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan’, mengadopsi tema ‘Think, Eat, Save’ yang dipilih PBB.

Loading...

Tema tersebut, ujar Presiden SBY dalam sambutannya, mempunyai makna agar dalam mengkonsumsi sumber daya alam, termasuk makanan, harus sehemat dan seefisien mungkin.

“Jangan rakus, jangan boros, jangan berhambur-hamburan. Ingat anak cucu, ingat masa depan,” Kata Presiden SBY mengingatkan seperti dilansir presidenri.go.id.

Pesan hemat terhadap makanan itu juga berlaku bagi mereka yang memesan makanan banyak, tapi akhirnya dibuang. “Padahal di dunia ini ada 1 miliar orang yang setiap malam tidak bisa tidur karena perutnya lapar. Ini adalah gaya hidup yang harus diubah dan dihentikan di seluruh dunia, termasuk negara-negara maju,” Presiden menambahkan.

Presiden kemudian mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjalankan kampanye yang dicanangkan oleh PBB maupun Kementerian Lingkungan Hidup untuk menghemat makanan tersebut. “Mari kita laksanakan,” SBY menegaskan.

Sebelumnya, Menteri LH Balthazar Kambuaya menjelaskan bahwa tema ‘Think, Eat, Save’ di Indonesia diadopsi menjadi ‘Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan’. “Makna mendasar dari tema ini adalah pentingnya umat manusia, baik individu, kelompok, maupun bangsa, mengubah cara berfikir, berproduksi, dan berkonsumsi untuk menyelematkan lingkungan hidup,” ujar Bert Kambuaya dalam sambutannya.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni. Pemerintah, melalui Kementerian Lingkungan Hidup, setiap tahun memberikan penghargaan kepada individu, kelomppk, maupun perwakilan pemerintah daerah yang berprestasi dalam isu lingkungan hidup. Penghargaan-penghargaan itu adalah Kalpataru, Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik, Adipura, dan Adiwiyata Mandiri.

Pada kesempatan ini Presiden SBY juga menerima buku Status Lingkungan Hidup 2012 dan menandatangani sampul perangko lingkungan hidup 2013. Kepada para penerima penmghargaan Presiden berpesan untuk terus menjadi pahlawan lingkungan dan mengajak masyarakat mengabdi agar lingkungan Indonesia semakin baik.

Hadir dalam kesempatan ini, antara lain, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin, Menteri ESDM Jero Wacik, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menhub EE Mangindaan, dan Mendikbud Mohammad Nuh.

Laporan: Cr13/Dit

Loading...